Tips Merawat Gigi Bayi

DokterSehat.Com – Menjaga dan merawat gigi merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap orang karena gigi adalah senjata yang utama untuk bisa memakan makanan apa saja ke dalam tubuh, termasuk untuk merawat gigi bayi juga sangat penting. Agar tidak salah dalam melakukan perawatan maka perlu sebuah tips perawatan gigi bayi yang baik dan benar.



Perawatan yang dilakukan sejak dini berguna sekali untuk memberikan pembiasaan pada anak agar gigi senantiasa bagus hingga dewasa kelak, kita sering melihat anak yang giginya rusak gara-gara kurang perawatan yang baik dan benar kepada anak. Pemberian contoh dari orang tua juga kurang maksimal sehingga kesehatan gigi anak jadi terabaikan.

Oleh karena itu, gigi perlu perawatan yang baik sejak dini agar di masa tua kita tetap memiliki gigi untuk mengunyah setiap makanan yang ada. Jangan sampai di usia yang masih tiga puluhan kita sudah kesulitan mengunyah makanan gara-gara tidak memiliki gigi.

Berikut adalah beberapa tips perawatan gigi bayi yang bisa dilakukan oleh orang tua :

  1. Lap basah
    Gunakan lap steril yang sudah dibasahi menggunakan air hangat dan matang untuk menggosok permukaan gigi dan lidah bayi sesaat seusai mengkonsumsi susu, tindakan ini sebaiknya rutin dilakukan untuk menghindari terjadinya bau mulut bayi yang kurang sedap akibat timbulnya kerak atau selaput tipis susu pada permukaan lidah serta menghindari kerusakan lapisan mahkota gigi akibat aktifitas bakteri yang dipicu oleh sisa susu yang melekat pada permukaan gigi.
  1. Air puith
    Biasakan memberikan air putih ketika bayi usai mengkonsumsi susu dengan menggunakan botol lain yang sudah dibersihkan sebelumnya, pemberian air putih ini dimaksudkan agar bekas susu yang menempel pada permukaan gigi ataupun lidah bisa segera hilang.
  1. Kebiasaan buruk
    Hindari juga beberapa kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan kerusakan pada gigi bayi, misalnya mengedot botol susu ketika tidur atau berangkat tidur. Selain berpotensi menimbulkan kerusakan pada gigi dan menimbulkan kerak susu pada lidah, kebiasaan ngedot sambil tidur juga dapat memicu terjadinya ngompol.Pada beberapa kejadian, balita yang dibiasakan tidur sambil ngedot akan sulit menghilangkan kebiasaan buruk ini.
Baca Juga:  Tips Hidup Sehat Mencegah Gigi Berlubang

Demikianlah beberapa beberapa kiat dan tips merawat gigi bayi yang bisa dijadikan pertimbangan. Melakukan tindakan perawatan gigi bayi semenjak dini, pada akhirnya sevara tidak langsung juga bermanfaat untuk menjaga dan mempertahankan estetika penampilan bayi agar tetap lucu dan menggemaskan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat