Tips Sederhana Agar Bibir Tetap Cantik dan Sehat

tips-merawat-bibir-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Bibir juga merupakan bagian kulit yang perlu Anda rawat. Terpapar polusi setiap saat dan peggunaan kosmetik seperti lipstik secara terus menerus juga dapat membuat bibir menjadi berwarna kehitaman. Berikut ini beberapa tips sederhana untuk menjaga agar bibir Anda tetap cantik dan sehat.

1. Jangan terlalu sering menggunakan lipstik

Pada dasarnya lipstik adalah campuran dari wax, pigmen, parfum, minyak dan alkohol. Lipstik terkadang mengandung bahan kimia yang jika terus-menerus digunakan, dapat membuat bibir menjadi kering atau menghitam. Jadi, pilih lipstio yang mengandung bahan-bahan seperti Shea Butter, Vitamin E, serta jojoba oil yang dapat melembapkan bibir. Selain itu, jangan gunakan lipstik setiap hari untuk menjaga agar tidak terlalu sering terpapar bahan kimia.

2. Jaga bibir tetap terhidrasi

50% hingga 60% tubuh manusia terdiri dari air. Ketika Anda kekurangan air, hal ini juga akan berpengaruh pada bibir Anda. Untuk menjaga warna alami bibir agar tetap cantik dan sehat, Anda perlu memperhatikan asupan air setiap hari. Selain itu menjaga tubuh tetap terhidrasi akan menjaga kelembapan bibir Anda. Selain minum, menjaga tubuh tetap terhidrasi juga bisa dilakukan dengan menambah konsumsi buah yang kaya kandungan air seperti mentimun, semangka, jeruk, serta lemon.

3. Menggunakan produk bibir yang mengandung SPF

Paparan sinar matahari setiap hari juga bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan bibir berwarna gelap. Sinar UV dapat merusak lapisan bibir sama halnya pada kulit. Selalu gunakan produk bibir yang mengandung SPF untuk melindungi bibir Anda terutama ketika Anda perlu melakukan kegiatan di luar ruangan.

4. Eksfoliasi seminggu sekali

Tidak hanya kulit, bibir juga perlu dieksfoliasi. Hal ini akan membersihkan bibir dari sel-sel kulit mati yang membuatnya kering, terkelupas, dan kusam. Anda bisa menggunakan campuran minyak zaitun dan gula sebagai eksfoliator. Setelah dibilas, lembapkan dengan lip butter atau lip moisturizer favorit Anda.

Bukan hal sulit bukan menjaga bibir tetap sehat dengan cara alami?