Tips Merawat Bibir Saat Cuaca Panas

DokterSehat.com – Kebanyakan orang hanya mengoleskan tabir surya di kulit saja, padahal bibir juga memerlukan perlindungan  agartetap sehat saat berada di luar ruangan. Cuaca panas atau paparan sinar matahari bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah bahkan memicu munculnya kanker.



Sebuah penelitian menemukan bahwa sinar UV berisiko menyebabkan kanker bibir. Pada dasarnya bibir tidak memiliki melanin sehingga lebih rentan terhadap sinar matahari dan mengakibatkan kerusakan akibat paparan sinar UV. Sinar UV matahari dapat mempengaruhi produksi kolagen pada bibir. Proses ini dapat menyebabkan pembentukan kerutan di sekitar bibir sebagai tanda penuaan dini.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita yang terpapar sinar matahari secara berlebihan dan hanya melindungi bibir sekali sehari atau kurang berisiko 2 kali lipat terkena kanker bibir ketimbang wanita yang lebih banyak menerapkan perlindungan pada bibirnya.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga bibir tetap lembut dan terhidrasi selama musim kemarau untuk melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari. Penerapan lip balm dan banyak minum air putih dapat membantu memfasilitasi perlindungan terhadap sinar UV.

Gunakanlah lip balm dengan kandungan SPF tiap hari meski cuaca mendung sekalipun. Setiap 2 jam sekali olesi kembali bibir dengan lip balm untuk mendapatkan perlindungan optimal.

Untuk perlindungan matahari, pilih lip balm yang memiliki SPF 15 atau lebih tinggi agar bibir Anda tetap halus. Lipstik yang mengkilap atau mengandung kilau tinggi berbahaya bagi bibir Anda karena produk tersebut tidak memberikan perlindungan pada bibir. Ia justru mengarahkan sinar UV ke daerah bibir secara langsung.

Produk seperti lip gloss merupakan reflektor untuk sinar matahari. Selain itu produk ini tidak mengandung SPF sehingga bisa meningkatkan risiko Anda terkena kanker kulit. Berikut ini tips menjaga kesehatan bibir Anda:

  • Jika bibir mengering dan mengelupas, oleskan secara perlahan campuran gula dan minyak zaitun di bibir untuk mengelupaskan kulit bibir dan menghapus akumulasi sel-sel kulit mati.
  • Gunakan kosmetik khusus bibir yang mengandung dasar lilin lebah (beeswax), petroleum jelly, atau parafin untuk menjaga kelembaban bibir lebih lama.
  • Pakailah produk perawatan bibir yang mengandung SPF.
  • Sebaiknya oleskan dulu lipstik berwarna yang mengandung SPF sebelum menggunakn lip gloss.
  • Jika Anda tetap ingin menggunakan produk lip gloss sebaiknya pilihlah minimal SPF 30.