Tips Merangsang Kecerdasaan Calon Bayi dalam Kandungan

DokterSehat.Com – Setiap orang tua pasti mendapakan seorang anak, terlebih anak yang di kandungnya memiliki kecerdasan yang baik nanti. Kecerdasan anak sudah dapat dipersiapkan tidak hanya sejak setelah lahir namun juga dapat dipersiapkan sejak dalam kandungan. Anak yang sudah dirangsang sedini mungkin akan mampu beradaptasi lebih cepat terhadap perkembangannya setelah lahir. Makanya tidak jarang kita lihat di luar negeri sana, ibu yang mengandung sudah sibuk untuk melakukan aktivitas-aktivitas khusus demi menghasilkan anak-anak yang cerdas. Apalagi saat ini kecerdasaan anak selalu diukur dengan IQ.

doktersehat-wanita-hamil

Beberapa tips yang dapat dijalankan bagi ibu hamil dalam mempersiapkan anak-anak yang cerdas nantinya.

  1. Makan makanan yang bergizi

Asupan makanan yang bergizi hal terpenting karena makanan yang dimakan seorang ibu nantinya yang akan dikonsumsi bayi. Kebutuhan ibu yang hamil segogyanya adalah untuk kapasitas dua orang yaitu ibu dan calon anak. Apabila gizi ibu cukup, maka kebutuhan gizi calon bayi akan terpenuhi. Kecerdasan anak sangat erat dengan asam folat, AHA, DHA dan omega 3. Makanan-makanan ini banyak didapatkan pada ikan salmon, ikan tuna, telur serta minyak ikan. Penting juga seorang ibu untuk banyak mengonsumsi susu, sayur dan buah untuk menambah mineral yang menjadi pelengkap gizi pada calon bayinya nanti.

  1. Merangsang dengan Visual

Rangsangan visual sangat penting dalam merangsang otak calon bayi. Rangsangan pada otak ibu akan memicu timbulnya impuls-impuls listrik pada otak bayi. Rangsangan otak kanan dapat dilakukan dengan membayangkan sesuatu yang indah, melihat pemandangan yang indah atau memikirkan sesuatu yang biasa menjadi sesuatu yang lain yang bisa menjadi lebih indah. Dalam merangsang otak kiri, seorang ibu bisa banyak membaca buku, berhitung atau berfikir saat menulis sesuatu yang baik.

  1. Merangsang melalui pendengaran
Baca Juga:  Selain Nasi, Kita Bisa Mendapatkan Asupan Karbohidrat Dari Makanan-Makanan Berikut

Menginjak ke trimester yang kedua, anak mulai bisa merespon sesuatu dengan menendang perut ibunya. Artinya menginjak usia 20 mingguan anak sudah bisa mendengar dan respon terhadap cahaya. Rangsanglah anak dengan bunyi yang indah seperti musik klasik ataupun bercerita dari bacaan buku yang baik maupun bacaan kitab suci. Pada saat ini juga anak mulai respon terhadap cahaya yang artinya anak akan sering merespon apabila terkena cahaya yang sangat menyilaukan.

  1. Pola makan teratur, tidur teratur dan hindari stress

Hampir sebagian besar pekerjaan anak dalam kandungan adalah tidur. Hal yang penting diperhatikan adalah pola tidur sang calon bayi akan mengikuti pola ibunya. Apabila seorang ibu dapat mengatur pola makan yang tepat, tidur yang teratur dan menghindari stress maka anak yang terdapat dalam kandungan juga merasa nyaman untuk beraktivitas terutama saat tidurnya. Karena pola aktivitas yang baik pada anak dalam kandungan akan menentukan kebaikan dalam perkembangannya.