Tips Menyimpan Pisang Agar Tidak Mudah Menghitam

DokterSehat.Com– Meskipun termasuk dalam buah yang memiliki rasa yang enak dan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, dalam realitanya buah pisang cenderung lebih mudah menghitam jika disimpan dengan tidak benar. Jika hal ini terjadi, maka penampilan pisang seperti tidak meyakinkan dan membuat kita tak lagi tertarik untuk mengkonsumsinya. Sebenarnya, apakah ada cara agar buah pisang tidak mudah menghitam?

doktersehat-pisang-buah

Agar buah pisang tidak mudah menghitam, ada baiknya kita tidak terburu-buru menyimpannya di dalam kulkas, apalagi jika buah ini memang belum benar-benar matang. Sebagai informasi, pisang termasuk dalam buah tropis yang membuatnya cenderung tidak tahan dengan udara dingin. Jika kita melakukannya, maka besar kemungkinan buah ini tidak akan matang dengan sempurna.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa pisang yang matang memiliki karakteristik yang unik, yakni menjadi lebih manis, lebih lembut, beraroma lebih harum, dan warna kulitnya menjadi lebih kecokelatan. Perubahan warna kulit ini bukan berarti pisang menjadi busuk karena jika kita buka, pisang ini sebenarnya masih bisa dikonsumsi meskipun memang rupanya tidak begitu meyakinkan.

Saat kulit pisang sudah mulai mengeluarkan bintik-bintik kecokelatan, barulah kita bisa memasukan buah ini ke dalam pisang. Sebagai informasi, adanya bintik-bintik ini menandakan bahwa kandungan karbohidrat di dalamnya telah berubah menjadi gula sehingga rasa pisang ini akan manis untuk dikonsumsi.

Jika kita tidak ingin buah pisang lebih cepat menghitam, pastikan untuk membelinya saat pisang masih berada dalam kondisi hijau. Setelahnya, simpan pisang di dalam suhu ruangan hingga akhirnya matang secara alami dan siap untuk dikonsumsi. Ada baiknya pisang tidak ditempatkan pada kantung atau tempat yang tertutup karena hal ini akan membuatnya lebih mudah membusuk.