Tips Menjauhi Sakit Kaki Karena Alas Kaki

Doktersehat.com – Alas kaki menjadi salah satu item fashion favorit perempuan untuk membuat penampilan kakinya menjadi sempurna dan sempurna



Namun jika salah dalam memilih alas kaki, justru akan berakibat fatal. Karena pemilihan sepatu yang salah dapat menghambat gerak, membuat gemuk, dan dapat membuat cedera.

Sayangnya karena terlalu sibuk memperhatikan mode, urusan kenyamanan dan kesehatan jadi nomor dua. Akibatnya, seringkali alas kaki yang harusnya menjadi pelindung kaki malah berbalik jadi sakit kaki, cedera dan penyakit lainnya karena pemakaian alas kaki yang tidak tepat.

Berikut cara melindungi cedera kaki akibat alas kaki seperti dilansir dari USnews, Minggu (1/4/2012).

1. Jangan memakai sepatu berhak tinggi terlalu lama

Sebuah studi pada tahun 2010 menemukan bahwa pemakaian sepatu dengan hak lebih tinggi dari 2 inci dalam jangka waktu yanga lama, dapat menyebabkan risiko degenerasi sendi dan osteoarthritis lutut.

Sebuah studi baru juga menemukan bahwa sepatu hak tinggi adalah penyebab utama dari kuku kaki yang tumbuh ke dalam, yang dapat menyebabkan infeksi dan kerusakan permanen pada kuku.

Berhenti mengenakan sepatu berhak tinggi mungkin mustahil bagi wanita. Tetapi untuk menjaga kesehatan Anda, sebaiknya kurangi pemakaian sepatu hak tinggi seperti hanya menggunakannya pada saat pesta atau acara tertentu saja.

2. Jangan memakai sandal jepit di mana-mana

Memakai sandal jepit memang praktis tetapi sering menyebabkan slip dan tidak melindungi kaki dari panas matahari.

“Sandal jepit membuat gesekan ibu jari dan telunjuk kaki yang kadang menyebabkan lecet. Belum lagi sandal jepit dapat membuat jari kaki mati, luka, dan pergelangan kaki dapat terkilir,” kata Summers, seorang ahli penyakit kaki yang berbasis desain sepatu di California.

Baca Juga:  Cara Mengembalikan Kebugaran Tubuh setelah Melahirkan

Batasi penggunaan sandal jepit dengan mengenakannya hanya saat ke pantai atau di kolam renang.

3. Gunakan sepatu olahraga saat berolahraga

“Sepatu olahraga dirancang untuk mengakomodasi tindakan yang diperlukan ketika berolahraga,” kata Brummer.

Pemakaian sepatu olahraga juga harus disesuaikan dengan jenis olahraga apa yang dilakukan. Olah raga sepak bola sebagai contohnya, memiliki sepatu khusus yang berbeda dengan sepatu olahraga lainnya.

4. Jangan memakai sepatu yang telah usang

Sepatu yang sering dipakai sehari-hari, mungkin memang masih nyaman digunakan. Tetapi sepatu yang sudah usang akan kehilangan fungsinya. Contohnya, sepatu lari hanya bisa bertahan sekitar 300 sampai 500 mil sebelum menyebabkan masalah pada atlet.

5. Jangan menggunakan kaos kaki yang membuat kaki mudah berkeringat

Kaki yang selalu berkeringat akan menyebabkan infeksi jamur. Cucilah sepatu dan kaus kaki secara teratur. Gantilah kaos kaki anda setiap hari.

6. Ukur kembali ukuran kaki anda sebelum membeli sepatu baru

“Ukuran kaki seseorang dapat berubah karena kenaikan berat badan, aktivitas hormonal, gangguan sirkulasi dan penuaan,” kata Brummer.

Sumber : detikhealth.com