Tips Menjaga Tubuh Tetap Ideal

DokterSehat.com – Berat badan ideal tidak hanya membuat penampilan Anda terlihat lebih menarik, namun juga mencegah munculnya penyakit yang disebabkan obesitas. Karena itu penting sekali menjaga berat badan Anda agar tetap ideal. Berikut ini beberapa cara yang bisa membantu menjaga berat badan ideal Anda setelah berjuang menurunkannya.



1. Rencana ke depan

Bagi beberapa orang, mencapai berat badan ideal tidaklah mudah. Karena itu, bila berat badan Anda sudah mencapai batas ideal sebaiknya ingatlah bagaimana perjuangan Anda dulu. Terkadang, makanan enak yang ada di pesta sering membangkitkan nafsu makan Anda. Supaya Anda tidak makan terlalu banyak saat di pesta sebaiknya jangan pergi ke pesta dalam kondisi perut kosong. Makanlah sedikit sebelum pergi dan jangan lama-lama berada di meja makanan.

2. Beri penghargaan

Tak ada salahnya memberi penghargaan atas keberhasilan Anda mencapai berat badan ideal. Namun, jangan beri penghargaan berupa makanan untuk memotivasi diri Anda. Belilah pakaian dengan ukuran lebih kecil atau manjakan diri dengan mandi air hangat, jalan-jalan, atau apapun yang bisa menjadi bentuk penghargaan.

3. Jaga makanan tetap segar dan menyenangkan

Selama menjalankan program diet, mungkin orang akan merasa jenuh dengan makanan yang disantap. Untuk membuat makanan tetap segar dan menyenangkan, cobalah konsumsi makanan yang lebih bervariasi.

4. Jangan lupakan kebiasaan sehat

Kebiasaan sehat yang sudah dibangun selama program penurunan berat badan harusnya tetap dilakukan meskipun sudah berhasil. Misalnya, sarapan sehat atau olahraga.

5. Cukup tiga gigit

Makanan lezat seringkali membangkitkan selera makan Anda. Namun, jangan sampai tergoda bila Anda tak ingin ukuran pinggang kembali membesar. Bila makanan lezat tersebut mengandung kalori tinggi maka sebaiknya cicipilah sekedar tiga gigitan lalu hentikan makan.

Baca Juga:  Remaja Yang Aktif Berolahraga Cenderung Tidak Merokok

6. Pantau makanan

Catatlah makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Sehingga, ketika terjadi peningkatan berat badan kembali, dengan mudah Anda bisa mengetahui makanan apa yang patut disalahkan dan harus dihindari.

7. Lebih rajin berolahraga

Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang berhasil menjaga berat badan adalah orang yang mampu tetap berolahraga di tengah kesibukannya. Agar tidak bosan, cobalah kelas aerobik baru atau jenis olahraga baru.