Tips Menjaga Rambut Agar Tidak Mudah Kusut

DokterSehat.Com – Sebagai mahkota pada kepala, rambut ternyata memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan baik-buruknya penampilan seseorang. Rambut yang acak-acakan, kurang terawat, dan tidak sehat, ternyata bisa membuat tampilan seseorang menjadi sangat buruk dan kurang menarik. Salah satu masalah pada rambut yang bisa sangat mengganggu adalah rambut yang kusut. Banyak orang yang pada akhirnya tidak percaya diri karena rambut kusutnya cenderung akan sangat sulit ditata dan membuat penampilannya sangat berantakan. Untuk menghindari kekusutan pada rambut, kita bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut.

doktersehat-rambut-rontok-daun-jambu-biji

Rambut yang kusut seringkali disebabkan oleh kondisi rambut yang kurang lembab atau terlalu kering. Jika hal ini terjadi, perawatan dengan shampoo tentu akan kurang ideal dalam menjaga rambut agar tidak teralu kusut. Pakar kesehatan dan kecantikan menyebutkan jika kita bisa menggunakan kondisioner yang diyakini bisa membuat rambut lebih lembab sehngga tidak akan mudah kusut. Gunakan kondisioner dengan lembut dan perlahan dari ujung rambut hingga akar rambut sehingga kelembaban rambut bisa didapatkan dengan baik.

Setelah keramas, ada baiknya kita tidak menggosok-gosokkan rambut dengan handuk terlalu keras meskipun tujuan kita memang untuk menurunkan rambut. Kebiasaan ini ternyata berperan besar dalam membuat rambut terlihat kusut. Jika kita ingin segera mengeringkan rambut, alih-alih menggosoknya ada baiknya kita menutup rambut dengan handuk agar air pun menyerap pada handuk tersebut.

Pakar kesehatan rambut menyebutkan jika penggunaan detangling spray atau spray anti kusut ternyata bisa membuat rambut menjadi tidak lagi kusut. Dengan menggunakan detangling spray, rambut juga akan cenderung lebih mudah diatur sehingga bisa menambah rasa percaya diri. Selain itu, cobalah untuk memakai produk perawatan rambut yang bebas dari kandungan alkohol. Tanpa kita sadari, kandungan alkohol bisa membuat rambut cenderung lebih rapuh dan lebih lengket. Banyak orang yang membiarakan kandungan alkohol berada dalam rambut tanpa dibersihkan sebelum tidur dan mendapati tampilannya di pagi hari bisa sangat kusut dan tidak rapi.