Tips Menjaga Kulit Sesuai Dengan Usia

Dokter Sehat – Kulit adalah bagian terluar dari tubuh yang melindungi tubuh kita, kulit pada akhirnya pasti akan berubah seiring dengan bertambahnya usia. Oleh sebab itu ada perawatan tertentu yang harus diperhatikan, untuk merawat kulit tubuh tidak hanya berdasarkan jenis kulit saja, tetapi juga berdasarkan faktor usia. Usia yang berbeda memerlukan perawatan yang berbeda pula, Sejak kecil sebaiknya kulit sudah dirawat, seperti membersihkan kulit dengan lotion, mengonsumsi buah dan sayuran untuk memberi nutrisi pada kulit.

8

Berolahraga dan hidup sehat memilik peran penting pada kondisi kulit Anda, ada banyak manfaat yang dapat di lakukan dengan berolahraga secara rutin seperti membersihkan pori-pori dari kotoran, agar kulit menjadi lebih kencang sehingga dapat mencegah timbulnya keriput. Pada saat olahraga Anda akan merasa haus, sehingga Anda ingin minum. Dengan minum maka tubuh tidak akan kekurangan cairan dan akan menjadikan kulit Anda lebih segar. Berolahragalah sesuai dengan usia Anda saat ini, agar dapat manfaat yang maksimal. Karena olahraga berlebihan juga kurang baik pada tubuh kulit Anda.

Perawatan Kulit Sesuai Dengan Usia :

1. Usia 20-an
Pada saat berusia 20-an merupakan kondisi kulit yang paling segar dan bagus, hormon endrogen pada usia ini sangat seimbang dan kelenjar sebum terkontrol dengan baik. Di usia ini juga kulit terlihat lebih kenyal dan kencang karena lapisan epidermis yang menahan air berfungsi dengan baik. Untuk perawatan kulit di mulai sejak usia ini adalah yang paling tepat,  karena pada usia inilah kita dapat mempertahankan keindahan dan kesehatan kulit agar kulit tetap kenyal dan kencang seiring bertambahnya usia.

Cara untuk merawat kulit di usia ini adalah dengan menggunakan produk pembersih wajah yang lembut, tetapi mampu mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati sekaligus berfungsi melembabkannya. Agar hasil lebih maksimal, disarankan menggunakan toner yang bisa mencerahkan kulit dan menyeimbangkan pH kulit.

Jika kulit wajah berminyak dan sensitif, gunakanlah toner yang bisa mengobati dan menenangkan kulit yang teriritasi, yang bisa mengatur kadar lemak, serta yang dapat mencegah kerusakan kulit. Pilihlah produk yang mengandug Kolagen dan Elastin agar kulit dapat tetap berseri dan terjaga. Jumlah kolagen dalam kulit juga bisa ditingkatkan dengan asupan sayur dan buah, sebaiknya tingkatkan asupan sayur dan buah yang mengandung vitamin C dan E. Di usia ini, sebaiknya hindari melakukan peeling dengan penggunaan bahan kimia. Kalaupun ingin mencoba peeling, sebaiknya gunakan bahan alami seperti campuran yogurt dan bubur gandum.

Baca Juga:  Pria Juga Membutuhkan Perawatan Pada Wajahnya

2. Usia 30-an
Penuaan dini menjadi masalah umum yang sering terjadi pada kulit di usia 30-an, Produksi kolagen secara alami mulai menurun. Akibatnya, kulit mulai keriput halus dan mengendur karena tidak lagi elastis. Paparan sinar matahari menjadi penyebab utama masalah penuaan dini, di faktor lain seperti stres atau kebiasaan tidak sehat, misalnya merokok atau mengonsumsi alkohol. Namun, di antara berbagai penyebab, sinar matahari punya kontribusi besar terhadap penuaan kulit. Sinar matahari memperburuk kondisi dermis, didalam lapisan dermis inilah terdapat elastin dan kolagen. Sinar matahari bisa menyebabkan serabut elastin dan kolagen rusak sehingga memicu penuaan dini.Ciri-ciri penuaan dini mulai muncul kerutan di ujung mata, timbul flek hitam, dan kulit bertambah kering karena epidermis rusak, sehingga tidak bisa menahan air yang banyak menguap.

Untuk perawatan kulit tubuh sesuai usia 30an, gunakan pembersih, pelembap, dan tabir surya sebagai perawatan kulit harian. Selain itu, kita juga dapat memakai beberapa produk untuk mengurangi kerutan pada kulit, seperti memakai masker dan peeling bisa untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Produk kulit yang mengandung PHA dapat membantu pembentukan sel-sel kulit baru. Konsumsi juga makanan yang mengandung antioksidan seperti vitamin A, B, C dan E, karena vitamin ini dan berbagai antioksidan yang kuat akan membantu kulit dari serangan radikal bebas dan membantu perbaikan kulit secara alami.

3. Usia 40-an
Pada usia 40-an, kulit kita sudah mulai menunjukan penuaan. Kerut dan flek sudah mulai muncul, untuk tetap menjaga kulit tubuh sesuai usia 40-an, gunakanlah krim antiaging. Jika kulit kita sudah mulai muncul flek hitam, kita dapat memakai produk spot corrector.