Tips Menjaga Kulit Cantik dan Sehat

DokterSehat.Com – Selama ini Anda mungkin tidak menyadari bahwa kulit yang cantik adalah kulit yang sehat. Kulit yang kering, kasar, dan kusam bukan hanya tidak cantik, tapi juga tidak sehat. Sebagai organ yang melindungi tubuh Anda, kesehatan kulit seringkali terlupakan. Kulit yang sehat bukan hanya menunjukkan tubuh yang sehat, namun juga sebagai pelindung tubuh Anda agar tetap sehat. Berikut beberapa tips untuk menjaga kulit Anda tetap cantik dan sehat:



  1. Anda ingin kulit yang sehat? Perhatikan konsumsi makanan sehari-hari. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan rendah lemak serta karbohidrat ternyata mampu memperlambat penuaan kulit Anda. Vitamin C dan antioksidan lain yang terkandung dalam ikan, buah-buahan, dan sayuran wajib Anda konsumsi jika ingin memiliki kulit yang cantik dan sehat. Vitamin E dan selenium selenium juga mampu melindungi kulit Anda dari bahaya sinar matahari, juga menghilangkan tanda-tanda penuaan seperti bintik-bintik hitam dan perubahan warna kulit. Krim anti-aging mempercantik kulit Anda dari luar, namun makanan menyehatkan dan mempercantik dari dalam.
  2. Olahraga ternyata tidak hanya bermanfaat bagi jantung. Kulit juga mendapatkan manfaat dari olahraga. Olahraga meningkatkan sirkulasi tubuh, sehingga membantu menutrisi kulit. Aliran darah yang lancar membawa oksigen dan nutrisi yang membantu kulit menghasilkan kolagen dan menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah. Khawatir dengan keringat yang akan menyumbat pori-pori? Tenang saja, cuci muka Anda segera setelah berolahraga. Dan jangan gunakan headband yang terlalu ketat karena dapat keringat akan terperangkap dan mengiritasi kulit.
  3. Tidur yang nyenyak merupakan faktor yang mendukung sehatnya kulit Anda. Tidur 7-8 jam sehari akan memberikan kesegaran tidak hanya bagi tubuh dan otak Anda, namun juga untuk kulit Anda. Tidur cukup dan nyenyak dapat menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata Anda, kulit yang pucat, dan mata yang bengkak. Posisi tidur Anda pun ternyata memengaruhi. Penelitian menunjukkan tidur dengan salah satu sisi wajah yang sama menempel pada bantal selama bertahun-tahun dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik hitam di sisi wajah tersebut. Sedangkan tidur dengan posisi tengkurap akan menyebabkan kantong mata.
  4. Hormon memiliki peran terhadap perubahan kulit wanita dari waktu ke waktu. Strecth mark merupakan masalah bagi 90% wanita hamil. Mousterizer dapat membantu menyamarkan strecth mark, begitu pula dengan vitamin A dan terapi laser. Masalah lain adalah jerawat Cuci wajah Anda dua kali sehari dan gunakan oil-free mousterizer untuk mencegah munculnya jerawat. Untuk mengobati, mungkin Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan terapi yang tepat. Melasma, bercak-bercak hitam akibat peningkatan melanin, seringkali muncul pada wanita yang sedang hamil atau mengkonsumsi pil KB. Melasma dapat hilang dengan sendirinya setelah melahirkan atau dengan menghentikan konsumsi pil KB. Melasma juga dapat diobati dengan chemical peels atau krim kulit seperti hidrokuinon dan retinoid. Untuk mencegah perubahan pigmen kulit, gunakan sunscreen setiap saat dan hindari paparan matahari.
  5. 90% kerusakan kulit terjadi karena sinar matahari. Semakin tinggi matahari, semakin tinggi pula risiko Anda terserang kanker kulit. Lindungi kulit Anda menggunakan sunblock yang mengandung zink oksida, titanium dioksida atau avobenzone. Sunscreen dengan SPF 30 atau lebih adalah yang terbaik. Gunakan topi bertepi lebar dan baju berlengan panjang serta hindari matahari antara pukul 10.00 hingga 14.00.
  6. Seiring bertambahnya usia, berubah pula kulit Anda. Tubuh tidak lagi memproduksi banyak kolagen dan elastin yang menjaga kulit Anda tetap kenyal. Sel yang mati pun tidak lagi cepat meluruh dan diganti oleh sel baru. Untuk menjaga kulit tetap sehat scrub untuk meluruhkan kulit mati, gunakan sabun yang tidak mengeringkan kulit, dan gunakan pelembab sesering mungkin. Bila perlu, mintalah resep dokter untuk menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah. Dan yang penting, hindari sinar matahari.
  7. Kafein dalam kopi dan teh memiliki efek dehidrasi, sehingga menyebabkan kulit Anda kering. Namun, studi menemukan ketika diaplikasikan pada kulit, kafein mampu melawan bahaya sinar matahari dan menurunkan risiko kanker kulit pada tikus. Saat ini kemampuan kafein topikal untuk melindungi kulit manusia sedang diteliti.
  8. Ternyata, selain buruk untuk tubuh Anda, konsumsi alkohol juga buruk untuk kulit Anda. Alkohol bersifat diuretik sehingga konsumsi berlebihan dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan dan kulit menjadi kering. Alkohol juga menyebabkan pelebaran darah. Itulah sebabnya, peminum memiliki kulit yang kemerahan.
  9. Stop merokok! Tidak hanya berbahaya bagi paru, namun juga bagi kulit Anda. Rokok, sama seperti sinar matahari, mempercepat penuaan kulit. Merokok menurunkan aliran darah ke kulit dan berkontribusi dalam kerusakan kolagen. Hancurnya kolagen menyebabkan munculnya bintik-bintik hitam pada wajah Anda.
  10. Setiap hari kulit Anda terpapar oleh polusi, asap rokok, asap kendaraan, dan debu. Untuk menjaga kulit tetap sehat adalah dengan menjaga kebersihannya. Tergantung dengan jenis kulit Anda, Anda bisa membersihkan wajah dengan sabun yang lembut, dengan scrub, atau toner untuk menghilangkan sel-sel mati, kemudian gunakan krim retinoid dan mousterizer.
Baca Juga:  Peningkatan PMS, HIV, dan Abses Anus pada Homoseksual

Nah, bagaimana? Cukup mudah kan. Kini kita tinggal mempraktekannya untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat. Jangan lupa konsumsi cukup air minum, mudah dan murah untuk menjaga kulit tetap sehat.

Sumber: WebMD