informasi kesehatan


Tips Menjaga Kesehatan Payudara

Tips Menjaga Kesehatan Payudara

            

DokterSehat.com – Menjaga dan memelihara kesehatan payudara penting diketahui bagi wanita sehingga kanker payudara tidak perlu menjadi momok menakutkan.

Kanker payudara salah satu jenis kanker yang paling banyak mengakibatkan kematian pada wanita karena itu menjadi tanggung jawab setiap wanita menyadari semua hal seputar kesehatan payudara.

Berikut beberapa tips memelihara kesehatan payudara dengan makan makanan yang tepat sebagai salah satu cara mengurangi resiko tumbuhnya kanker tersebut:

Rumput Laut

Jepang merupakan salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan kanker payudara rendah. Ini terkait pola makan yang terbiasa mengkonsumsi rumput laut. Rumput laut terbukti memiliki manfaat bagi kesehatan dimana menurut penelitian Harvard School of Public Health menemukan tikus yang diberi makan kelp (satu jenis rumput laut) memiliki kanker payudara lebih rendah dibanding tikus yang tidak makan kelp. Karena itu cobalah konsumsi rumput-rumput laut seperti kelp atau nori atau alga hijau seperti spirulina dan chlorella (3 gram) setiap hari.

Kurangi makanan berlemak

Pola makan yang tinggi lemak hewani dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Menurut para ahli, pola makan kaya lemak dapat menghasilkan zat kimia dalam usus yang ketika berhubungan dengan bakteri akan merubahnya menjadi estrogen sebagai penyebab kanker. Etsrogen ini kemudian disimpan dalam jaringan lemak payudara sehingga membuat sel dalam area ini lebih mungkin tumbuh menjadi kanker. Dengan membatasi konsumsi lemak sehari-hari sampai kira-kira 20 persen dari seluruh konsumsi kalori, anda berarti telah mengurangi peluang tumbuhnya kanker payudara.

Tingkatkan konsumsi serat

Konsumsi buah-buahan dan sayuran penting untuk mencegah kanker payudara. Serat yang terkandung dalam makanan seperti buncis, seluruh jenis gandum, buah-buahan dan sayuran dapat mempengaruhi metabolisme estrogen dalam tubuh dan menurunkan estrogen dalam darah.

Makan banyak sayuran

MakanĀ banyak sayuran seperti brokoli, kubis brussel, kol, bok choy, sayuran hijau seperti kangkung dan bayam, kembang kol dan lobak cina baik bagi kesehatan payudara karena mengandung komponen sulfur yang disebut indoles. Indoles sebenarnya membantu mengurangi estrogen dari tubuh dan mencegahnya tumbuh menjadi kanker payudara. Hanya sayuran jenis ini diketahui dapat merubah estrogen dalam tubuh dan mencegahnya dari kanker payudara.

Ikan

Penelitian menujukan makan sedikitnya tiga porsi ikan laut setiap minggu seperti tuna, salmon, makarel, dan sarden dapat membantu mencegah kanker payudara. Minyak Omega 3 yang biasanya ditemukan dalam ikan ini dapat membantu memperkuat sistem kekebalan dan menghalangi pengaruh tumor yang menyebabkan kanker. Mungkin pendapat terbaik mengenai hal ini adalah penemuan di Amerika Utara dimana wanita Eskimo yang makan minyak Omega 3 berasal dari ikan sama sekali tidak memiliki kanker payudara.

Produk kedelai

Beberapa ilmuwan yakin makan produk kedelai dapat melindungi terhadap hormon penyebab tumor. Kacang kedelai dan produk kedelai lainnya mengandung genistein, sebuah estrogen alami yang mengikat pada reseptor dalam payudara sehingga tidak mungkin tumbuhnya kanker. Tetapi tidak semua produk kedelai memiliki manfaat yang sama seperti tofu, miso dan tempeh. Susu kedelai mengandung sedikit genistein tetapi mengandung bahan pengawet buatan.

Olahraga secara teratur

Penelitian dimana wanita melakukan olahraga aerobik selama 3,8 jam atau lebih per minggu sedikit kemungkinan memiliki kanker payudara dibanding mereka yang tidak pernah berolahraga sama sekali. Termasuk mereka yang bertahan dalam 5 sampai 6 kilo dari berat badan ideal merupakan cara mencegah kanker payudara karena obesitas memiliki korelasi dengan resiko kanker payudara. Kelebihan lemak dalam tubuh menghasilkan estogen yang kemudian di simpan dalam jaringan payudara sehingga memicu tumbuhnya sel kanker.

pf button both Tips Menjaga Kesehatan Payudara


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

5 Responses to “Tips Menjaga Kesehatan Payudara”

  1. Anonymous says:

    mka.a , jga lh kchtn pyudramu y

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 6 Thumb down 1

  2. admin says:

    Terima kasih Ats infonya mantep

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. intanps says:

    posting yang bagus, dapat menambah wawasan saya. kalo ada waktu mampir yuk ke blog saya
    http://hoshikanoshi.blog.stisitelkom.ac.id/
    ditunggu ya ^^

    Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 0

  4. Danubasri says:

    Sangat bermanfaat bagi kahidupan orang banyak, lanjutkan kawan

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. beny says:

    lalu bgmn dgn mnjga dgn disentuh tiap harinya+…

    Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 0