Tips Menjaga Kesehatan Mata

Dokter Sehat – Mata adalah organ yang sangat penting pada tubuh kita. Dengan mata, kita dapat melihat keindahan dunia ini. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan mata. Kita harus senantiasa menjaga kesehatan mata kita agar terhindar dari berbagai penyakit mata.



anyak sekali penyakit mata yang dapat menyerang mata kita sewaktu-waktu. Seperti seseorang yang sering membaca buku, bermain game terlalu lama, dan sebagainya dapat terserang penyakit miopi.

Penyakit mata yang sudah tidak asing lagi kita dengar seperti miopi atau rabun jauh, hipermetropi atau rabun dekat, presbiopi atau tidak dapat melihat benda yang jauh maupun dekat, katarak, buta warna yang tidak dapat melihat berbagai macam warna. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata dan dapat terhindar dari penyakit mata tersebut.

Berikut adalah tips cara menjaga kesehatan mata :

1.Cuci wajah Anda sebelum tidur.
Ini adalah kulit namun sangat penting umum dan tip perawatan mata, Anda harus memastikan untuk menghapus riasan Anda dan mencuci muka sebelum tidur. Hal ini dapat membantu menghindari penyumbatan pori-pori yang dapat menyebabkan masalah kulit dan dapat
mengiritasi mata.

2.Minum 6-8 gelas air setiap hari
Air dapat membantu mengisi hilangnya air dalam tubuh Anda karena aktivitas yang Anda lakukan, hal ini juga dapat memperbaiki dan menyediakan air yang dibutuhkan oleh mata Anda sehingga dapat berfungsi dengan baik.

3.Dapatkan cukup tidur
Tentu saja, cukup tidur tidak hanya baik untuk mata tapi untuk tubuh secara umum. Melalui tidur, mata lelah Anda yang dapat beristirahat. Penyalahgunaan mata dapat menyebabkan kerusakan mata atau mengakibatkan masalah mata yang lebih serius.

4.Hindari membaca dalam cahaya gelap atau miskin
Mencoba untuk membaca dalam cahaya gelap atau buruk dapat menyebabkan iritasi mata dan selanjutnya dapat mengakibatkan masalah mata yang serius jika sering dilakukan, jangan menyalahgunakan mata Anda dengan membaca dalam cahaya miskin.

5.Vitamin A harus disertakan dalam diet Anda
Makanan kaya vitamin A seperti sereal, kuning telur dan hati dapat membantu meningkatkan penglihatan dan mencegah masalah mata. Untuk kesehatan mata Anda juga dapat membeli Vitamin A di apotek dan mengambil satu vitamin setiap hari.

6.Pakai kacamata pada cuaca cerah
Lindungi mata Anda dengan memakai kacamata ketika Anda keluar pada cuaca cerah, Anda juga harus menghindari menatap matahari secara langsung karena dapat merusak mata dan bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

Baca Juga:  TIPS MENJAGA KESEHATAN MATA

7.Hindari terlalu banyak menggunakan komputer atau TV
Istirahatkan mata Anda setiap setelah 2 jam menggunakan komputer atau TV, jangan menyalahgunakan mata Anda. Hal ini tidak baik untuk menggunakan TV atau komputer untuk jangka waktu yang lama karena Anda pasti akan menyesal sekali Anda merasakan atau mengalami gangguan penglihatan.

8.Yang baik untuk menjaga kesehatan mata dengan tdak tidur pada malam hari dan tidur setelah matahari terbit dapat membayakan mata. Jika tidak tidur tidak dapat dihindari, minumlah secangkir air setiap setengah jam.

9.Mata dan wajah tidak boleh dibasuh jika badan sedang berkeringat, terutama setelah melakukan latihan fisik yang berat atau setelah terjemur matahari dan panas.

10.Hindari penggunaan terlalu banyak obat tetes mata dan sebagai gantinya menggunakan air keran dingin atau bersih.Jangan terlalu mengandalkan obat tetes mata. Gunakan air dingin atau air bersih yang mengalir dalam membersihkan mata Anda terutama sebelum tidur.

11.Jangan merokok
Merokok tentu berbahaya bagi tubuh termasuk mata. Hal ini dapat menyebabkan penglihatan yang buruk, penglihatan kabur, dan masalah mata lainnya. Hal ini juga dapat melemahkan tubuh secara keseluruhan dan bahkan dapat menyebabkan kanker karena karsinogen rokok mengandung.

12.Mata kita membuat kita merasa lengkap sebagai manusia karena kita merasa bebas untuk bergerak dan melihat hal-hal di sekitar kita. Mari kita merawat mata kita sehingga dapat berfungsi dengan baik bahkan sampai kita tua.

13.Teteskan setetes madu di setiap mata satu kali seminggu juga bermanfaat pada mata karena dapat membersihkan mata, dengan mengikuti tips di atas mata kita akan terjaga kesehatan dan keindahannya. Ini juga bermanfaat bagi mereka yang memiliki penglihatan lemah.

14.Nutrisi selalu membuat perbedaan
Pada diet Anda, termasuk makanan yang kaya vitamin seperti ini dapat membuat mata Anda lebih sehat dan terlihat lebih terang.

15.Libatkan diri Anda dalam diet anti-inflamasi
Hindari makan daging merah. Sebaliknya, makan makanan yang kaya akan omega-3 asam lemak seperti mackerel, salmon dan halibut. Juga, menjauhkan diri dari lemak jenuh. Atau, gunakan lemak monosaturated seperti minyak zaitun. Peradangan adalah di dasar berbagai penyakit. Makan makanan yang mencegah peradangan serta mengonsumsi makanan dengan antioksidan melindungi mata Anda dari penyakit mata termasuk katarak dan degenerasi makula.