TIPS MENJAGA KESEHATAN MATA

DokterSehat.com – Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat berharga. Tanpa mata kita tidak dapat melihat dunia. Ada banyak penyakit mata yang tidak asing kita dengar yang sering kita temui Antara lain penyakit katarak, rabun jauh atau rabun dekat, maupun buta warna. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan mata kita perlu memperhatikan apa saja yang dapat kita lakukan agar mata kita tetap sehat. Berikut akan dipaparkan beberapa tipsnya:



1.Jangan membaca terlalu dekat. Membaca idealnya adalah jarak pandang dan buku sejauh 30 cm. hal ini dilakukan agar mata kita tidak terkena miopi atau rabun dekat.
2. Seringlah mengedipkan mata pada saat anda menghadapi komputer atau laptop. Mengedipkan mata dengan intensitas yang tinggi dapat membuat mata tidak cepat kering atau sakit.
3. Dilarang mengucek mata dengan tangan kotor. Jika mata anda gatal atau apapun, disarankan untuk tidak mengucek dengan kondisi tangan yang kotor. Hal ini justru akan membuat kotoran yang ada di tangan akan masuk ke mata dan dapat mengakibatkan mata sakit.
4. Jangan membaca sambil tiduran. Mungkin sebagian dari kita terbiasa sebelum tidur membaca buku terlebih dahulu atau ketika kita membaca kita lebih sering merasa nyaman sambil tiduran. Namun hal ini justru membawa dampak negatif pada mata kita karena mata kita akan mudah terkena miopi atau rabun dekat.
5. Berikan penerangan yang cukup. Saat kita melakukan aktivitas yang kebanyakan dengan membaca, kita perlu penerangan yang cukup, yang tidak terlalu terang maupun terlalu redup.
6. Istirahatkan mata anda. Berkutat dengan layar komputer atau laptop terlalu lama akan membuat mata anda menjadi cepat lelah. Maka dari itu istirahatkan mata anda sejenak dengan melihat ke pandangan yang jauh setidaknya selama 5 menit.
7. Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin A. Makanan yang banyak mengandung vitamin A terbukti memiliki khasiat menjaga kesehatan mata. Buah atau sayuran yang terdapat vitamin A banyak dijumpai pada wortel, apel, tomat, dll. Makanan lainnya antara lain minyak ikan, telur, susu, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Schistosomiasis, Penyakit Kuno di Lore Lindu

8. Berhenti merokok. Jika anda ingin mata anda terjaga kesehatannya, usahakan untuk berhenti dari kebiasaan merokok. Karena merokok dapat mengakibatkan penyakit mata seperti katarak, dan kerusakan pada saraf optik mata anda.