Tips Menjaga Kehamilan Agar Bayi Yang Lahir Tidak Mengalami Kecacatan

DokterSehat.Com – Setiap ibu yang sedang mengalami kehamilan tentu akan menjaga kesehatan kehamilannya sepenuh hati. Ibu juga akan berharap agar bayi yang nantinya dilahirkan akan berada dalam kondisi yang sehat dan tanpa kecacatan apapun. Untuk memastikannya, ibu hamil harus memperhatikan beberapa hal. Berikut adalah beberapa tips agar bayi yang lahir akan berada dalam kondisi yang sehat tanpa kekurangan apapun.

doktersehat-hamil

Hal pertama yang harus diperhatikan oleh ibu hamil adalah kondisi berat badannya selama masa kehamilan. Banyak orang yang berpikir jika  ibu hamil sebaiknya mulai menggemukkan badannya agar janin bisa mendapatkan asupan yang dibutuhkan untuk perkembangan fisik dan mental. Padahal, jika ibu hamil terlalu gemuk, maka Ia pun akan beresiko mengalami penyakit tekanan darah tinggi atau bahkan diabetes. Sebaliknya, jika ibu hamil terlalu kurus, maka Ia pun akan beresiko mendapatkan masalah kesehatan dan bahkan bisa menimbulkan komplikasi. Untuk mengatasinya, ibu hamil sebaiknya pandai-pandai mengatur pola makan sehat setiap hari. Jangan pernah lupakan asupan asam folat yang secara efektif menurunkan resiko kelahiran bayi dalam kondisi cacat. Asam folat sendiri bisa didapatkan pada sayuran hijau, kacang-kacangan, atau hati. Selain itu, jangan pernah lupakan asupan protein, kalsium, dan juga zat besi setiap hari dengan cukup.

Ibu hamil juga harus meninggalkan gaya hidup tidak sehat layaknya merokok, menenggak alkohol, atau bahkan mengkonsumsi minuman berkafein layaknya soda, kopi, dan juga cokelat. Merokok sendiri diyakini bisa meningkatkan resiko kelahiran prematur, keguguran, atau saat lahir bayi akan memiliki berat badan yang sangat kurang ideal. Dalam banyak kasus, rokok bisa membuat bayi mengalami sindrom kematian mendadak.

Tips terakhir yang dilakukan ibu hamil untuk mencegah cacat pada kelahiran bayi adalah dengan rajin melakukan pengecekan ke dokter kehamilan. Dengan rutin memeriksakan kondisi kesehatan kehamilan, ibu hamil pun akan dengan efektif menekan resiko bayinya lahir dalam kondisi cacat dan bisa menjaga kesehatan dirinya dengan lebih baik hingga masa persalinan tiba.