Tips Menjaga Berat Badan Setelah Diet

DokterSehat.Com – Diet ketat menurunkan berat badan memang berat dijalankan, namun lebih berat lagi untuk menjaga berat badan setelah diet. Bayak orang kembali ke berat badan awal atau bahkan semakin gemuk setelah diet karena terlanjur puas dan tidak lagi menjaga pola makan dan kebiasaan sehat.

11

Namun jika Anda ingin menjaga berat badan setelah diet dan tidak ingin gemuk lagi, seperti dikutip dari boldsky.com, berikut ini cara-caranya :

  • Mengunyah
    Anda perlu tahu teknik mengunyah yang baik. Kunyah makanan Anda dengan baik hingga halus, bukan hanya untuk mempermudah pencernaan menyerap sari makanan, tapi juga untuk menjaga berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengunyah makanan mereka sebanyak 40 kali memiliki potensi lebih besar menjaga berat badan ideal.
  • Keseimbangan nutrisi
    Tidak ada salahnya makan makanan yang digoreng atau termasuk ke dalam junk food sesekali. Namun Anda juga perlu memerhatikan porsi dan frekuensinya. Jaga keseimbangan nutrisi makanan yang sehat dan batasi makanan yang bisa melonjakkan berat badan.
  • Menjaga mood
    Mood yang baik akan memengaruhi aktivitas harian dan pilihan makanan yang Anda makan. Perasaan buruk bisa memengaruhi hormon yang berhubungan dengan berat badan. Jadi, pastikan Anda selalu bahagia dan bebas stres.
  • Vitamin D
    Asupan vitamin D diperlukan untuk menjaga berat badan setelah diet. Vitamin D akan membantu meningkatkan kadar leptin di otak, yang akan memberi sinyal pada otak bahwa Anda masih kenyang.
  • Tetap olahraga
    Jangan berhenti olahraga meski berat badan sudah ideal. Olahraga adalah kunci penting menjaga berat badan setelah diet. Bukan hanya itu, olahraga juga akan menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.