Tips Meningkatkan Metabolisme Tubuh Agar Cepat Langsing

DokterSehat.Com– Anda pasti mengenal salah satu teman atau anggota keluarga yang bisa makan apa saja dengan lahap namun tidak pernah bisa gemuk. Kondisi ini ternyata dipengaruhi oleh tingginya sistem metabolisme tubuh. Hal ini berarti, jika kita mampu meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh kita, kita pun bisa membantu menurunkan berat badan. Pakar kesehatan menyebutkan ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh seperti sebagai berikut.

doktersehat-otot-pria-diet

Banyak mengkonsumsi protein
Tubuh ternyata membutuhkan energi yang sangat besar untuk mencerna protein. Hal ini tentu akan membantu proses pembakaran kalori yang lebih banyak. Dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi protein seperti telur, ikan, daging, kacang almond, maka kita akan meningkatkan metabolisme pada tubuh hingga 3 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan saat mengkonsumsi karbohidrat dan lemak. Hanya saja, jika kita ingin lebih cepat langsing, pastikan untuk rutin melakukan olahraga untuk mengimbangi asupan tinggi protein ini.

Minum teh hijau
Kandungan katekin di dalam teh hijau ternyata bisa meningkatkan metabolisme tubuh hingga 4-5 persen. Jika kita minum teh hijau hingga 5 cangkir dalam sehari, maka kita bisa meningkatkan pembakaran 90 kalori dan pembakaran lemak hingga 10 hingga 17 persen. Sayangnya, beberapa penelitian menyebutkan bahwa efek peningkatan metabolisme dari teh hijau sebenarnya tidak begitu seberapa bagi sebagian orang.

Minum kopi
Kandungan kafein di dalam kopi bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh hingga 3-11 persen. Hanya saja, efek ini lebih sering terjadi pada mereka yang bertubuh kurus dan tidak begitu terasa pada mereka yang sudah mengalami masalah kelebihan berat badan. Tak hanya itu, kita juga dilarang mengkonsumsi kopi melebihi batas aman yang hanya 4 cangkir dalam sehari.

Baca Juga:  Ini Alasan Mengapa Kita Sebaiknya Mengunyah Makanan Dengan Perlahan

Makan pedas
Senyawa capsaicin di dalam cabai dan lada yang banyak terdapat dalam makanan pedas ternyata bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan membantu menjaga berat badan tetap ideal. Hanya saja, bukan berarti kita bisa sembarangan mengkonsumsi makanan pedas karena dikhawatirkan bisa menyebabkan iritasi saluran pencernaan.