Tips Mengurangi Rasa Sakit Akibat Infeksi Telinga

DokterSehat.Com – Telinga adalah salah satu panca indera penting yang dimiliki manusia, indera ini berfungsi sebagai alat pendengaran dan keseimbangan tubuh, manum dalam menjalankan fungsinya telinga kadang-kadang terancam oleh berbagai hal berbahaya yang dapat mengganggu fungsi telinga.



Infeksi telinga merupakan hal yang umum dialami semua orang, termasuk pada anak-anak, infeksi telinga yang paling sering terjadi adalah pembengkakan pada telinga tengah. Tentu rasa sakitnya membuat tak nyaman.

Ada banyak penyebab infeksi telinga, misalnya karena akumulasi kotoran di telinga atau getaran yang terjadi di gendang telinga terlalu keras. Berikut ini beberapa tips merawat telinga infeksi yang dapat Anda lakukan sendiri untuk menghindari semakin parahnya infeksi telinga yang dialami :

  • Gunakan pad hangat
    Jika telinga membengkak sehingga timbul rasa sakit, Anda dapat menggunakan pad hangat untuk mengurangi rasa sakitnya. Rasa hangat akan membantu meringankan rasa sakit dan menolong mengempeskan bengkak.
  • Hindari memakai ear phone
    Jika telinga Anda terasa sakit, sebaiknya tahan diri sejenak untuk tidak menggunakan ear phone. Suara dengan desibel tinggi dapat menyakiti gendang telinga. Untuk mengatasi sakit yang lebih parah, hindarilah suara yang kencang atau gunakan ear plug di tempat yang berpotensi menimbulkan suara kencang.
  • Istirahat
    Dalam beberapa kasus, suhu yang berubah drastis dapat menyebabkan rasa sakit pada telinga. Umumnya jika tubuh Anda kelelahan, infeksi pada telinga akan makin parah. Sebaiknya Anda beristirahat dan hindari udara luar rumah untuk beberapa hari atau gunakan penutup telinga saat keluar rumah.

Telinga adalah bagian tubuh yang cukup vital. Infeksi pada telinga dapat menyebabkan rasa sakit pada kepala dan membuat tubuh tidak nyaman. Untuk mengobatinya, Anda disarankan pergi ke dokter karena mengobati telinga haruslah hati-hati.