Tips Menguatkan Tulang Bagi Kaum Hawa

DokterSehat.Com – Meskipun osteoporosis bisa menyerang siapa saja, namun dalam realitanya wanita memiliki resiko yang jauh lebih besar untuk terkena penyakit pengeroposan tulang ini. Yang menjadi masalah adalah, tulang adalah penyangga tubuh yang paling vital dan membuat kita bisa melakukan berbagai aktifitas harian. Jika tulang kita mengalami pengeroposan, maka tulang pun akan menjadi lebih mudah patah dan berbahaya bagi tubuh kita. Untuk mencegah penyakit ini, wanita pun disarankan untuk banyak mengkonsumsi susu yang kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D. Selain itu, beberapa tips olahraga juga bisa dilakukan kaum hawa untuk semakin menguatkan tulangnya.

doktersehat-konsultasi-lupus-nyeri-lutut

Tips pertama yang bisa dilakukan oleh wanita untuk menguatkan tulangnya adalah dengan rutin berjalan kaki. New England Journal of Medicine merilis fakta dimana wanita yang rutin berjalan kaki akan mengurangi resiko terkena patah pada tulang pinggulnya hingga 30 persen. Saat berjalan, wanita akan membuat lebih banyak sel yang akan memperkuat tulang. Selain itu, persendian juga akan menjadi semakin kuat sehingga konstruksi tubuh pun akan menjadi semakin membaik.

Selain berjalan kaki, wanita yang setidaknya melakukan jogging empat kali dalam seminggu juga akan mengurangi resiko terkena patah tulang pinggul dengan sangat signifikan, bahkan akan jauh lebih baik dari mereka yang berjalan kaki atau berlari pelan. Selain itu, pakar kesehatan dari Jepang  juga menyebutkan jika jogging akan jauh lebih baik dalam mengatasi masalah persendian dan nyeri punggung.

Tips olahraga lain yang akan sangat baik dalam menguatkan tulang adalah dengan cara melompat atau menaiki tangga. Wanita yang berusia 25 hingga 50 tahun bisa melakukan olahraga melompat setidaknya 20 kali lompatan berturut-turut dua kali sehari dan tulang pinggul pun akan cenderung jauh lebih kuat setelah melakukannya dalam jangka waktu empat bulan. Selain itu, jika anda tinggal di rumah yang memiliki tangga atau tempat kerja yang harus digapai dengan tangga atau menaiki bukit, maka anda bisa menaikinya setiap hari untuk menjaga kesehatan tulang. Bahkan, jika anda rutin naik-turun tangga setidaknya 10 menit dalam sehari, anda akan mampu mengurangi gejala stress dengan lebih baik.