Tips Mengkonsumsi Jus Dengan Lebih Sehat

DokterSehat.Com – Jus adalah salah satu minuman yang dianggap sangat baik dan menyehatkan bagi tubuh. Kandungan jus yang merupakan buah-buahan tentu akan membuat tubuh mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang sangat baik dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. Tahukah anda, dibalik kebaikan jus yang menyehatkan ini, ada beberapa fakta dalam meminum jus agar kita bisa mendapatkan khasiat terbaik bagi tubuh layaknya sebagai berikut.

doktersehat-belimbing

Banyak sekali penjual jus yang mencampur buah dengan gula dengan jumlah yang cukup tinggi. Meskipun hal ini bisa membuat jus menjadi lebih manis dan enak, gula yang berlebihan tentu akan buruk bagi kesehatan tubuh. Jus yang dibuat dari buah asli tanpa kandungan gula tentu akan lebih baik untuk kita konsumsi. Apalagi jika jus memiliki banyak ampas buah yang tentu memiliki kandungan kesehatan yang jauh lebih baik. Minumlah jus beserta ampasnya hingga habis sehingga kandungan vitamin pun bisa dikonsumsi tubuh dengan maksimal.

Jus memang terasa enak untuk diminum, namun ada baiknya anda mempertimbangkan konsumsi jus di pagi hari, khususnya pada jus-jus dengan rasa yang cenderung asam. Memang, jus layaknya jus pisang, apel, wortel, atau pepaya akan sangat baik dikonsumsi di pagi hari mengingat kandungan air dan seratnya tentu akan membantu saluran pencernaan agar dapat bekerja dengan lebih baik. Namun, jus dengan rasa asam justru bisa menyebabkan perut menjadi tidak nyaman dan terasa sakit. Selain buah-buahan, pernahkah anda terpikirkan jus yang terbuat dari bahan sayur-sayuran? Jus sayur ternyata juga bisa memberikan kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Kombinasi sayur dan buah akan membuat jus menjadi enak sekaligus bergizi tinggi.

Baca Juga:  Mengenal Masalah Kulit Skin Tag

Jika anda membuat atau membeli jus, pastikan bahwa anda sesegera mungkin menghabiskannya. Tahukah anda, jus yang baru diminum setelah beberapa jam dibuat ternyata mengalami penurunan nilai gizi dimana banyak vitamin yang menghilang selama beberapa waktu tersebut. Andaipun anda ingin menyimpan jus untuk diminum di lain waktu, simpanlah jus pada tempat yang dingin dan bebas dari cahaya dan jus pun tidak akan mengalami penurunan kualitas hingga 4 jam lamanya.