Tips Menghindari Tulang Keropos Sejak Dini

DokterSehat.Com – Semua orang tentu ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit. Sayangnya, kebanyakan orang hanya berpikir tentang kesehatan pada organ-organ tubuh dan cenderung melupakan kesehatan dari tulang. Tulang yang dianggap telah keras dan kokoh sering dianggap cukup kuat dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama. Padahal, banyak sekali kasus dimana orang tua mengalami kondisi tulang yang rapuh dan keropos karena tidak menjaga kesehatan tulang sejak dini. Apa sajakah cara menjaga kesehatan tulang.

doktersehat-olahraga-sehat-20menit

Tingkatkan Gizi dan Asupan Makanan
Tahukah anda, wanita ternyata memiliki resiko lebih besar mendapatkan pengeroposan tulang dibandingkan dengan pria saat tua. Meskipun begitu, bukan berarti  kaum pria bisa berleha-leha tanpa perlu menjaga kesehatan tulangnya juga. Tulang dan jaringan saraf, sumsum, hingga pembuluh darah yang melekat bersamanya tentu harus dijaga dengan baik, khususnya dengan memberikan nutrisi yang menyehatkan tulang. Semenjak kecil kita sering diberitahu tentang pentingnya kalsium dan vitamin D bagi kesehatan tulang dan gigi. Kalsiumlah yang memastikan kekokohan ulang dan gigi, sementara vitamin D membantu tulang menyerap nutrisi kalsium. Anda bisa mengkonsumsi makanan kaya kalsium dan vitamin D layaknya produk hewani susu dan keju, dan juga produk nabati layaknya kacang-kacangan dan sayuran hijau. Disamping itu, makanan layaknya telur dan berbagai jenis ikan laut juga menjamin asupan vitamin D dalam tubuh.

Olahraga dan Aktivitas Fisik
Selain asupan makanan, kita tentu harus rajin-rajin berolahraga. Jangan menunggu olahraga di usia yang sudah tua. Mulailah semenjak usia 20an dan fokuskan olahraga dengan penguatan otot dan lakukan dengan rutin. Anda bisa melakukan olahraga dengan beban sehingga tulang dan otot-otot penyangganya pun menjadi lebih kuat. Hanya saja, jika anda tidak terlalu sering masuk ke gym untuk memakai peralatan olahraga dengan beban, maka anda bisa melakukan jalan kaki, berlari, atau menari yang bisa membuat tubuh selalu aktif dan menjaga kekuatan tulang tetap terjaga.