Tips Menghindari Operasi Caesar

DokterSehat.Com– Di beberapa negara, operasi caesar hanya dilakukan berdasarlan pertimbangan medis untuk menyelamatkan ibu dan janin. Namun di Indonesia, banyak ibu yang memilih operasi caesar bukan karena pertimbangan medis seperti memilih tanggal cantik, menghindari sakitnya persalinan normal, dan penyebab lainnya.

Tips menghindari operasi caesar

Baik operasi caesar dan persalinan normal memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Persalinan normal memang lebih terasa sakit namun masa pemulihan dari persalinan normal lebih cepat dibandingkan persalinan caesar. Sedangkan dari segi biaya, persalinan caesar menelan biaya lebih banyak dibanding persalinan normal.

Bagi Anda yang ingin menghindari persalinan caesar, bisa mencoba tips berikut ini:

1. Pilih dokter yang pro persalinan normal

Memilih dokter dengan visi pro persalinan normal dapat memberi masukan dan dukungan Anda untuk menjalani persalinan normal. Bicarakan dengan dokter bahwa Anda ingin melahirkan dengan cara normal. Dengan begitu, dokter akan memantau kondisi Anda dan janin dan mengupayakan kelahiran normal.

2. Menjaga berat badan janin

Perkembangan berat badan ibu dan janin dapat memengaruhi kemungkinan persalinan caesar. Berat badan janin yang terlalu besar atau lebih dari 4 kg dapat meningkatkan kemungkinan persalinan caesar. Untuk itu berat badan janin perlu dijaga dalam kisaran angka normal.

3. Perbanyak olahraga

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa ibu hamil yang rutin berolahraga memiliki kemungkinan persalinan caesar lebih kecil dibanding ibu hamil yang jarang berolahraga. Pilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan Anda dan lakukan secara rutin minimal 3 kali seminggu. Selain meminimalisir kemungkinan persalinan caesar, rutin berolahraga juga dapat membantu kelancaran persalinan normal.

4. Ikuti kelas prenatal

Dalam kelas ibu hamil, Anda akan belajar mengenai seluk-beluk persalinan normal dan perawatan bayi. Hal ini dapat membantu memotivasi dan meyakinkan diri Anda agar dapat menjalani persalinan normal.

5. Percaya pada kemampuan diri Anda

Tanamkan sugesti positif dalam diri bahwa Anda bisa melakukan persalinan normal. Bayangkan hal-hal yang positif dan indahnya menyambut kebahagiaan dari kehadiran si kecil. Dengan demikian, tubuh Anda pun akan lebih mudah menjalani proses persalinan.