Tips Menghilangkan Rambut Berminyak

DokterSehat.Com – Rambut lepek dan berminyak memang menjadi masalah, karena terlihat kusam, bahkan sulit distyling. Salah satu alternatifnya adalah kita harus sering-sering mencuci rambut atau keramas untuk menghilangkan rambut yang berminyak tersebut. namun, mencuci rambut setiap hari ternyata tidak disarankan sebab akan berdampak pada kerusakan rambut.

15217663417_e0455319aa_k

Berikut ini cara untuk menghilangkan minyak pada rambut :

• Bawalah selalu bedak transculent yang Anda miliki
Ketika berada di luar rumah dan menyadari rambut Anda sudah mulai berminyak, bedak transculent dapat menjadi penyelamat Anda. Tanpa harus memperberat tas dengan sekaleng dry shampoo, bedak transculent juga bisa digunakan untuk menyerap minyak pada rambut Anda tanpa meninggalkan sisa bedak yang berwarna pada rambut.

• Pintar-pintar dalam memakai dry shampoo
Pemakaian dry shampoo yang berlebihan tidak akan menghilangkan minyak pada rambut Anda, melainkan justru dapat membuat rambut semakin berminyak. Mengapa? Semakin banyak produk penghilang minyak yang menempel pada kulit kepala akan membuat kulit kepala sangat kering. Jika kulit kepala Anda kering, maka lapisan kulit kepala lainnya akan semakin banyak memproduksi minyak. Karena itulah rambut Anda bisa semakin berminyak jika pemakaian dry shampoo dilakukan secara berlebihan. Lagi pula dry shampoo tidak berfungsi untuk membersihkan rambut secara tuntas, melainkan memberikan rasa fresh dan menyerap sedikit minyak pada rambut Anda.

• Tata rambut menjadi keriting
Jika Anda mengalami rambut berminyak, hal yang baik untuk dihindari dalam menata rambut ialah mencatok rambut menjadi lurus. Karena semakin lurus rambut, semakin mudah batang rambut bersentuhan dengan kulit kepala yang berminyak, sehingga batang rambut juga jadi berminyak. Sedangkan dengan mengeriting rambut, Anda dapat mengangkat rambut lebih tinggi dari akar dan kulit kepala Anda yang berminyak. Usahakan menggunakan roller untuk mengeriting rambut Anda, dan jangan lupa untuk menggunakan hairspray yang kuat untuk menjaga letak dan tatanan rambut Anda.

Baca Juga:  Bahaya Parfum Palsu Bagi Kulit

• Buat sendiri sampo pembersih tanpa kandungan pewarna
Sampo pembersih ini merupakan produk yang paling baik untuk membersihkan minyak, kotoran dan debu dari rambut. Biasanya, setelah dikeramas dengan sampo ini, minyak pada rambut Anda akan lebih lama untuk muncul dan merusak penampilan rambut

• Bilas dengan baik
Jika kulit kepala Anda hanya berminyak pada daerah tertentu, mungkin saja ini karena rambut tidak dibilas dengan benar dan maksimal. Baik sampo ataupun kondisioner yang masih menempel pada rambut, keduanya dapat membuat rambut berminyak.

BACA JUGA : Apa Penyebab Gusi Berdarah ?