Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami

DokterSehat.Com – Komedo merupakan jenis jerawat yang umum dijumpai yang disebabkan karena penimbunan sel-sel mati, bakteri, serta kadar minyak yang berlebih pada wajah. Komedo dapat berbentuk terbuka atau tertutup. Komedo terbuka berbentuk menyerupai pori-pori besar berwarna hitam. Sedangkan pada komedo tertutup terdapat kulit yang menutupi pada pori yang tersumbat sehingga membentuk tonjolan kecil pada kulit.

doktersehat-hidung-muka-sindrom-kallmann

Berikut tips alami untuk menghilangkan komedo :

• Papaya
Buah pepaya sudah sangat terkenal akan khasiatnya untuk perawatan maupun kecantikan kulit wajah. Salah satu keunggulan pepaya adalah untuk mengatasi komedo. Caranya cukup mudah, yaitu buatlah masker papaya. Lembutkan potongan buah papaya hingga mirip bubur secukupnya dan kemudian oleskan pada sekitar wajah yang nampak terdapat komedo secara merata. Biarkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukan hal ini pada saat bangun pagi dan menjelang tidur malam.

• Lidah buaya
Gel lidah buaya sangat berkhasiat untuk mengatasi komedo anda. Caranya yaitu siapkan 1 batang lidah buaya, kemudian iris menjadi dua bagian. Ambil lendir atau gelnya dan oleskan pada area hidung maupun wajah anda yang berkomedo. lakukan secara rutin 1-2 kali sehari sampai komedo anda tak nampak kembali. Jika gel yang dihasilkan dirasa kurang, anda juga bisa memblender/juice potongan lidah buaya tersebut.

• Uap air panas
Nah, biasanya jika anda sedang merebus air, maka manfaatkan uap air panasnya untuk menghilangkan komedo anda. Selain itu cara efektif lainnya adalah dengan menambahkan sedikit garam pada rebusan air tersebut, kemudian tunggu sampai mendidih, lalu uapi wajah atau area yang berkomedo selama 5-10 menit lamanya. Untuk lebih maksimal, tutup kepala anda dengan handuk, lalu duduk dan hadapkan wajah anda di depan air panas yang ditaruh di baskom. Metode ini juga bagus untuk memperlancar peredaran darah dan meredakan batuk flu.

Baca Juga:  Hati-hati Buat Mahasiswi yang Ingin Sedot Lemak

• Jus lemon
Cara menghilangkan komedo secara alami selanjutnya yaitu dengan menggunakan jus lemon atau jeruk nipis. Lemon sangat efektif untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Caranya yaitu siapkan jus lemon, campurkan dengan minyak almond dan gliserin. Campurkan ketiga bahan tersebut dan haluskan menggunakan blender. Setelah itu oleskan pada area yang berkomedo secara merata, tunggu beberapa 10 menit lalu bilas memakai air bersih. Cara ini juga ampuh untuk menghilangkan noda-noda flek hitam pada wajah anda. Anda juga bisa membuat scrub, dengan campuran air lemon, air garam, madu dan yoghurt. Campurkan bahan tersebut lalu gosokkan lembut di area yang terkena komedo.

• Putih telur
Khusus untuk hal ini ambil bagian putih telurnya saja untuk mengatasi masalah komedo anda. Caranya yaitu dengan balurkan putih telur (anda juga bisa menambahkan satu sendok madu) pada wajah yang terserang komedo atau hidung anda secara merata, kemudian diamkan sampai terasa mengering, sekitar 25-30 menit. Selanjutnya basuh muka anda menggunakan air hangat.

BACA JUGA : Pola Hidup Sehat Dengan Lupus