Tips Menghilangkan Komedo Di Hidung Dengan Bahan Alami

DokterSehat.Com – Komedo adalah masalah yang sering menyerang kulit berminyak selain jerawat. Komedo yang bermunculan akan membuat wajah terlihat tidak mulus. Area wajah yang rentan ditumbuhi komedo adalah bagian hidung. Komedo yang tumbuh di daerah ini akan mengganggu penampilan karena mengakibatkan riasan tidak sempurna.

6

Proses munculnya komedo diawali dengan penyumbatan glandula sebacea atau kelenjar minyak. Walaupun permasalahan komedo tidak seberat jerawat, wajah yang ditumbuhi komedo akan terlihat kusam dan tidak mulus. Ada dua jenis komedo, yaitu komedo hitam (blackheads) dan komedo putih (whiteheads). Komedo hitam merupakan tumpukan sebum, kotoran dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit lalu bereaksi dengan udara, sedangkan komedo putih hanyalah tumpukan sebum.

Berikut beberapa tips alami untuk mengatasi komedo :

  • Kulit pisang
    Banyak yang belum mengetahui bahwa kulit pisang mampu mengatasi komedo secara alami. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menggosok bagian dalam kulit pisang pada area wajah yang terserang komedo.
  • Putih telur
    Kotoran dan minyak serta komedo dapat diatasi dengan cara memanfaatkan putih telur sebagai bahan alami untuk menghilangkan komedo. Caranya dengan mengoleskan putih telur pada wajah dan biarkan hingga mengering lalu bilas dengan air bersih. Biasanya komedo akan terangkan dengan putih telur yang sudah mengeras pada permukaan kulit wajah kita tadi.
  • Teh hijau
    Banyak sekali manfaat teh hijau untuk mengatasi berbagai masalah penyakit pada kulit, teh hijau dipercaya mampu menghilangkan komedo. Caranya dengan membasuh air teh hijau yang masih sedikit hangat ke wajah Anda, lebih baik di basuh pada malam hari sebelum tidur guna menambah keremjaan kulit.
  • Madu
    Khasiat madu memang sudah tidak diragukan lagi, gunakan madu alami. Bisa Anda coba sendiri dirumah dengan cara mengoles madu yang sudah dihangatkan ke wajah dan biarkan lebih kurang 10 menit, lalu bilas dengan air bersih maka dijamin wajah Anda sekarang sudah terbebas dari masalah kotoran, minyak dan komedo.
  • Uap air panas
    Cara alternatif lainnya yang alami dapat Anda coba adalah dengan memanfaatkan uap air panas. Caranya dengan menuangkan air panas kedalam wadah lalu arahkan wajah Anda keaatas wadah yang sudah berisi air panas tadi supaya terkena uapnya. Maka pori-pori wajah akan terbuka lebih lebar sehingga komedo mudah dibersihkan, gunakan kain kasar seperti handuk.
Baca Juga:  Obat Alami Untuk Sakit Gigi Berlubang

Itulah beberapa tips alami yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah komedo yang terjadi pada wajah. Sebenarnya komedo sangat mudah diatasi tanpa harus membeli krim khusus, disarankan cukup menggunakan cara alami saja seperti yang sudah dijelaskan diatas.