Tips Menghilangkan Bengkak Pada Mata Akibat Nangis

DokterSehat.Com – Menangis bukan sekedar pelampiasan perasaan. Menangis merupakan reaksi atas tersentuhnya hati oleh sebuah kejadian. erti air mata yang tercurah saat menangis merupakan ungkapan perasaan atas kebahagiaan, kekecewaan juga kesedihan.

10

Tangis adalah anugerah bagi hidup dan hati agar senantiasa menyadari fitrah kemanusiaan yang begitu indah, tetapi lemah dan tak berdaya atas kuasa Yang Maha Perkasa. Menjadi refleksi ketiadaan juga keterbatasan, tiada yang sempurna di dunia dan tak ada keabadiaan atas fana, semua yang bernyawa akan binasa.

Ternyata ada 2 penyebab mata bengkak usai menangis

  • Cairan air mata mengandung garam yang menyebabkan mata menjadi merah dan pembuluh darah di bawah kulit mata yang tipis membesar. Kondisi inilah yang membuat mata terlihat bengkak setelah menangis.
  • Saat menangis terjadi peningkatan aliran darah di area wajah yang memicu terjadi pembengkakan di kulit bawah mata.

Ketika perasaan sedih atau emosional lainnya dipicu, maka saraf akan mengirimkan sinyal-sinyal ke otak yang kemudian dilanjutkan ke lacrimal (kelenjar yang berfungsi menghasilkan air mata).

Berikut cara menghilangkan bengkak pada mata akibat nangis

  • Kompres mata dengan kantung teh
    Teh merupakan olahan dari daun tanaman yang memiliki kandungan bernama tanin. Tanin ini dapat bermanfaat untuk membentuk kepadatan serta kelenturan sehingga mampu mengatasi mata bengkak.

    Caranya: Gunakan kantung teh celup bekas dan hangatkan kembali, lalu kompreslah pada mata selama lebih kurang 15 menit.

  • Kompres mata dengan kentang
    Kentang mempunyai kandungan asam sifat dan asam fosfat yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada kulit. Sehingga secara medis dapat mengatasi mata bengkak.

    Caranya: Tumbuk kentang sampai halus dan bungkus dengan kain tips lalu direndam seketika bersama air hangat untuk dikompres pada mata.

  • Kompres mata dengan air es
    Air dingin sangat bermanfaat dan menjadi salah satu cara lama yang sudah banyak dilakukan untuk mengkompres bagian-bagian tubuh yang mengalami pembengkakan seperti pada kantung mata.

    Caranya: Basahi kain sapu tangan atau handuk menggunakan air es batu. Lalu kompreskan pada mata selama beberapa menit secara berulang-ulang.

  • Kompres mata dengan timun
    Timun adalah buah yang memang sangat efektif untuk masalah kesehatan terutama pada mata, kandungan astringent di dalamnya mampu mengurangi mata bengkak.

    Caranya: Belahlah timun berbentuk bulat tipis, kemudian tempelkan pada area mata saat hendak tidur.

Sebenarnya mata bengkak akibat menangis ini biasanya akan menghilang dalam beberapa hari, namun bagi anda yang tidak sabar ingin menghilangkannya dalam waktu singkat gunakanlah cara diatas.