Tips Menghadapi Masa Kehamilan di Trimester Awal

DokterSehat.com– Kehamilan merupakan kabar yang sangat menggembirakan bagi calon ibu. Namun di masa-masa kehamilan pertama dianggap sebagai masa yang berat. Akan ada keluhan-keluhan yang membuat masa kehamilan menjadi susah untuk dinikmati. Meski begitu hal-hal tersebut harus diketahui oleh sang calon ibu.

7

Gejala mual dan muntah atau morning sickness adalah hal yang sering dialami oleh ibu hamil terutama di masa awal masa kehamilan atau pada trimester pertama. Penyebabnya adalah perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil. Mual dan muntah ini dipicu ketika mencium aroma makanan tertentu atau bau-bau menyengat. Hal ini menyebabkan calon ibu menjadi susah untuk makan-makanan yang bernutrisi. Padahal di awal trimester tersebut merupakan fase pembentukan organ-organ tubuh. Jadi jika sampai mengalami kekurangan gizi tertentu dapat menyebabkan pembentukan organ yang kurang sempurna. Selain itu janin juga beresiko lahir dengan berat badan yang rendah.

Berikut ini merupakan tips-tips untuk menghadapi masa keluhan tersebut:

  • Makanlah dalam jumlah sedikit tetapi dengan intensitas yang sering. Maka hindari makan dengan jumlah porsi yang besar yang dapat memicu rasa mual. Usahakan tetap makan ketika perut terasa tidak enak. Dengan porsi yang kecil ini, makanlah hingga 5-6 kali sehari untuk menghindari perut yang kosong.
  • Hindari makanan yang banyak mengandung lemak, berbumbu, terlalu asam, atau pedas.
  • Makanlah makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan protein, serta perbanyak buah-buahan dan sayuran.
  • Hindari makanan dan minuman yang akan membuat mual dan muntah.
  • Untuk meringankan gangguan mual dan muntah, minumlah segelas teh hangat.
  • Untuk memperbanyak cairan dalam tubuh, minumlah air putih dengan jumlah yang lebih banyak dibanding sebelum hamil, susu rendah lemak, dan jus buah untuk mengganti cairan yang keluar saat muntah.
  • Perbanyak makanan yang mengandung vitamin B6 seperti pisang, advokad, beras, atau sereal.