Tips Menggunakan Lensa Yang Aman

Dokter Sehat – Saat ini kaca mata sudah dianggap ketinggalan zaman, hal itu karena semakin berkembangnya teknologi, terutama dengan hadirnya lensa kontak. Bahkan kini lensa kontak sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian wanita masa kini yang ingin tampil fashionable. Bahkan lensa kontak bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki gangguan penglihatan dan tidak mau repot menggunakan kaca mata.

18

Dibandingkan dengan harga kaca mata, harga lensa kontak boleh dibilang cukup murah, yakni mulai dengan harga Rp 100 ribuan. Warna lensa kontak pun memiliki warna yang bervariasi, mulai dari merah, biru, abu-abu, hitam, kuning dan biru, membuat penampilan penggunanya semakin percaya diri dan terlihat lebih keren. Namun dibalik tampilannya yang fashionable, lensa kontak memiliki risiko yang sangat berbahaya. Nah, agar aman simak beberapa tips berikut ini :

1.Jaga lensa agar tetap di mata kanan atau kiri
Banyak pemakai lensa kontak yang mempunyai resep yang berbeda untuk kedua mata, hal ini bisa disebabkan mata yang satu lebih lemah dibandingkan yang lain atau hanya karena ukuran mata yang satu berbeda dengan yang lain. Kalau Anda mempunyai resep lensa kontak yang berbeda pada kedua mata, sangat penting untuk menjaga agar lensa tidak masuk ke mata yang salah.

Sebagian besar optician menganjurkan Anda untuk menyelesaikan satu per satu, misalnya, jika hendak mengeluarkan atau memasukkan jangan serentak. Keluarkan dari satu sisi mata terlebih dahulu dan langsung letakkan di tempat penyimpanan, baru dilanjutkan dengan mata satunya. Hal ini juga dilakukan saat pemakaian. Cara ini, menurut sebagian besar optician, efektif menghindari kemungkinan salah pakai.

2.Memakai makeup dengan lensa kontak
Jika hendak memakai makeup, maka soft contact lense dimasukkan sebelum memakai makeup, sedangkan hard contact lense sebaiknya dimasukkan setelah memakai makeup. Tip lainnya adalah dengan menghindari maskara yang berfungsi melentikkan bulu mata serta maskara yang tahan air. Sebaiknya, Anda juga jangan memakai eyeliner di garis bulu mata. Jika Anda dituntut untuk selalu memakai makeup, pilihlah makeup dengan cara membaca label terlebih dahulu. Ada juga produk-produk tetentu yang telah diuji coba dan dinyatakan aman bagi pemakai lensa kontak.

Baca Juga:  Beberapa Penyebab Mata Kering

3.Hairspray dengan lensa kontak
Idealnya, Anda memakai hairspray sebelum memasukkan lensa kontak. Hal ini untuk menghindari masuknya sisa hairspray yang akan tetap berada di udara selama beberapa detik setelah penyemprotan. Bahan sisa ini bisa mengganggu lensa kontak dan memicu berbagai masalah mulai dari rasa tidak nyaman ringan hingga infeksi. Jika harus memasukkan lensa kontak sebelum memakai hairspray, tutuplah mata selama menggunakan hairspray dan beberapa detik setelahnya.

4.Jadwal pemakaian lensa kontak
Bagi Anda yang masih baru mengenakan lensa kontak, Anda biasanya memerlukan waktu penyesuaian sebelum memakai lensa untuk jangka waktu yang lama. Optician biasanya akan merekomendasikan jadwal pemakaian. Jadwal ini biasanya termasuk memakai lensa kontak untuk jangka pendek pada beberapa hari pertama selanjutnya menambah waktu pemakaian. Dengan mengikuti jadwal ini, Anda akan terhindar dari ketidaknyamanan yang berkaitan dengan pemakaian lensa kontak terlalu lama sebelum mata terbiasa.

5.Membersihkan makeup dan lensa kontak
Pastikan dulu Anda sudah mengeluarkan lensa kontak sebelum membersihkan makeup, hal ini berlaku untuk soft maupun hard contact lenses. Hal ini sangat penting untuk menghindari dampak masuknya sisa makeup ke dalam mata saat proses pembersihan. Jika sisa makeup ini masuk ke lensa kontak maka bisa menambah rasa tidak nyaman sekaligus memicu infeksi jika sia makeup tersebut merusak permukaan mata.