Tips Mengenalkan Olahraga Pada Anak

DokterSehat.Com – Membiasakan anak melakukan olahraga bukanlah hal mudah. Terutama jika si kecil melihat orang tuanya tidak pernah atau jarang melakukannya. Padahal, orang tua yang menjadi teladan bagi anak, memegang peranan penting dalam mendorong anak untuk rajin berolahraga.



Orang tua dianjurkan memperkenalkan olahraga pada anak dan memberi penjelasan tentang pentingnya berolahraga sejak dini. Jika orang tua ingin anaknya melakukan olahraga, berilah contoh. Anak belajar dengan mencontoh. Ajak mereka berolahraga bersama dan jadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari.

Berikut tips mengenalkan olahraga pada anak :

• Menonton pertandingan olahraga di televise bersama-sama
Siapkan satu hari dalam seminggu untuk menonton pertandingan olahraga favorit. Jika anak-anak tidak ingin untuk menonton pertandingan tersebut secara penuh jangan memaksa mereka. Jika orang tua mulai memaksakan, maka anak-anak akan benci terhadap olahraga tersebut.

Atau pilih cara lain yang menyenangkan yaitu menonton film dengan jalan cerita yang berkaitan dengan olahraga.

• Menghadiri permainan langsung
Menghadiri permainan olahraga professional memang memerlukan biaya yang mahal. Jika tidak ingin mengeluarkan biaya terlalu banyak, ajak anak untuk melihat pertandingan sekolah, pertandingan antar komplek, dsb. Akan ada pengalaman yang seru dan tak terlupakan jika menonton pertandingan bersama ratusan atau bahkan ribuan orang lainnya.

• Kumpulkan perlengkapan olahraga
Jika si kecil menyukai olahraga tertentu, ajak ia untuk bersama-sama mengumpulkan barang berkaitan dengan olahraga tersebut. Misalnya sepatu bola, bola, kaos bola dari berbagai Negara, dan lain sebagainya.

• Bermain video game bersama-sama
Bermain video game adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan olahraga pada anak-anak. Ambil stik Playstation atau Wii anda, dan mainkan bersama anak.

Baca Juga:  Ensefalitis, Peradangan Otak Pada Anak

• Bermain secara langsung
Bermain permainan olahraga merupakan cara lain yang bagus untuk memperkenalkan olahraga. Misalnya lakukan tangkap bola seperti layaknya bermain softball. Yang terpenting adalah menghabiskan momen berharga bersama anak.

BACA JUGA : Konsumsi Kopi Mengurangi Resiko Stroke Pada Wanita