Tips Mengecilkan Perut Yang Sederhana

DokterSehat.Com – Setiap orang pasti tidak mau kalau mempunyai perut yang buncit, dan pasti risih bagi sebagian orang kalau berada di kondisi seperti ini. Banyak faktor yang dapat menyebabkan perut buncit, dari pola makan yang tidak teratur dan lain sebagainya. Namun dalam masalah ini apabila seseorang menyebutkan tentang perut buncit karena makan 3x, sangat salah.



Dengan pola makan tigakali tidak akan menyebabkan anda menjadi buncit kalau porsi makan anda juga tetap stabil, dan yang pastinya tidak berlebih juga.

Berikut ini beberapa tips mengecilkan perut yang sederhana yang dapat dicoba :

  1. Olahraga
    Rajin dan konsistenlah dalam berolahraga, banyak penelitian yang menyebutkan olahraga secara intensitas sedang sampai tinggi dapat mencegah dan mengurangi lemak pada perut.
  1. Serat
    Menurut penelitian tubuh membutuhkan 30-35 persen serat dari makanan yang dikonsumsi. Jumlah serat yang mencukupi terutama serat terlarut membantu dalam melancarkan sistem pencernaan dan mengurangi lemak dalam perut. Sumber serat larut dapat diperoleh dari kacang-kacangan, edamame, buah-buahan, sayuran, telur, protein kedelei dan daging tanpa lemak.
  1. Buah dan sayur
    Konsumsi buah dan sayuran sangat baik untuk membantu mengecilkan perut. kandungan vitamin, mineral dan tentu saja serat pada buah dan sayur sangat bermanfaat bagi tubuh. Lancarnya sistem pencernaan sangat baik untuk mencegah perut menjadi buncit. Ada banyak buah yang berkhasiat untuk mengecilkan perut, diantaranya blueberry, anggur, jeruk, lemon, kiwi.
  1. Air putih
    Air putih sangat dianjurkan dalam kesehatan, minimal 8 gelas air putih dalam sehari sangat baik untuk kesehatan. Air putih memiliki fungsi untuk mengeluarkan racun dan menjaga metabolisme tubuh tetap sehat. Minum 1-2 gelas air putih sebelum makan akan menyebabkan rasa kenyang terlebih dahulu, sehingga konsumsi makan lebih sedikit.
  1. Pola hidup sehat
    Pola hidup sehat adalah faktor yang paling penting dalam diet atau mengecilkan perut dapat berhasil. Pola hidup tidak sehat seperti sering bergadang, konsumsi alkohol, mengemil tidak sehat adalah hal-hal yang dapat membuat diet tidak akan berhasil dan tentu saja tidak baik untuk kesehatan tubuh.