Tips Mengatur Pola Tidur Bayi

Dokter Sehat – Bayi baru memiliki rentang waktu tidur yang sangat lama, 17 hingga 18 jam perhari pada minggu-minggu pertama kelahiran mereka, dan perlahan-lahan berkurang hingga 15 jam perhari pada bulan ketiga. Sekalipun demikian bayi baru tidak pernah tidur lebih lama dari 3 – 4 jam setiap kali tidur, baik malam ataupun siang hari selama minggu-minggu pertama.

9

Perhatian : Waktu tidur Anda akan banyak terganggu. Malam hari Anda harus menyusui dan mengganti popok bayi, sedangkan pada siang hari Anda akan bermain dengannya. Sebagian bayi baru ada yang dapat tidur sepanjang malam sejak lahir hingga berusia 6 minggu, namun kebanyakan pola ini baru dicapai bayi ketika mereka berusia 5 – 6 bulan. Anda dapat membantu bayi mencapai pola tidur malam yang panjang ini dengan melatih kebiasaan tidur yang baik sejak awal.

Tips membentuk pola tidur yang sehat :

1.Kenali tanda-tanda bayi Anda sudah lelah
Bayi yang berusia enam hingga delapan minggu biasanya tidak bisa terjaga dalam waktu dua jam penuh, jika Anda terlalu lama membiarkan bayi Anda dan tidak langsung menidurkan bayi Anda, ia akan mengalami masalah tidur. Beberapa tanda yang bisa Anda lihat dan kenali langsung ketika bayi Anda sudah menunjukkan tanda-tanda kelelahan, antara lain ketika ia menguap, mengucek-ucek matanya, menarik-narik daun telinganya, atau terlihat lebih rewel dari biasanya. Jadi, jika Anda sudah melihat tanda-tanda tersebut, Anda bisa coba untuk menidurkannya.

2.Ajari perbedaan siang dan malam
Banyak bayi baru yang bangun pada malam hari diistilahkan sebagai
night owl, mereka benar-benar terbangun ketika Anda sedang bersiap-siap tidur. Selama beberapa hari pertama setelah kelahiran, Anda tidak dapat melakukan apapun atas hal ini. Tetapi ketika bayi baru sudah memasuki usia 2 minggu, Anda mulai dapat melatihnya untuk membedakan malam dan siang hari. Ketika ia sedang terjaga sepanjang malam, bermainlah dengan si kecil sesering dan selama mungkin, usahakan agar ruangan tempat si kecil berada terang benderang, dan biarkan berbagai suara seperti telepon, tv, atau mesin pengering pakaian berbunyi. Jika si kecil menunjukkan gejala tertidur pada saatnya makan, bangunkan dia.

Baca Juga:  Obat Herbal Batuk Untuk Anak

Sedangkan pada malam hari, jangan mengajak si kecil bermain jika ia bangun untuk menyusu. Hindari cahaya dan suara yang berlebihan, dan jangan terlalu banyak berbicara dengannya. Jika Anda melakukan hal ini secara intens, maka tidak lama setelah mulai melatihnya si kecil akan mengenal perbedaan suasana ini, mengerti bahwa malam hari adalah saatnya untuk tidur.

3.Biarkan bayi Anda tidur dengan sendiri
Ketika Anda melihat bayi Anda terlihat sudah mengantuk, Anda bisa coba untuk menidurkannya dengan menaruhnya di atas kasur. Apa manfaatnya? Dengan cara ini bayi Anda bisa menciptakan kebiasaan tidurnya sendiri.

4.Buat jadwal tidur untuk bayi Anda
Misalnya Anda bisa menyanyikan lagu nina bobo untuk bayi Anda agar ia bisa tahu bahwa ketika saat orang tuanya menyanyikan lagu nina bobo itu artinya ia harus tidur, alternatif lain adalah Anda bisa memberikan ciuman sebelum tidur untuk bayi anda, dengan ciuman itu ia bisa tahu bahwa itu adalah waktunya untuk beristirahat. Kebiasaan-kebiasaan yang tampaknya sepele ini memiliki dampak yang sangat besar untuk membantu mengatur jadwal tidur bayi Anda.

5.Menyusu pada malam hari
Menyusui atau tidak menyusui, itu adalah pertanyaan yang sering dipertanyakan oleh para ibu baru pada malam hari. Semua pakar setuju bahwa jika bayi Anda belum berusia 3 bulan, sebaiknya Anda menyusuinya setiap kali ia bangun. Setelah ia berusia lebih dari 3 bulan, jangan biarkan si kecil melakukannya.

Bayi baru hanya makan dan tidur sepanjang hari, berilah ASI jika si kecil lapar tengah malam, namun pastikan lampu tidak terang ketika Anda menyusuinya. Hindari berbagai suara selama menyusui.