Tips Mengatasi Wajah Berminyak

Dokter Sehat – Indonesia memiliki iklim tropis, karena itu sangat mempengaruhi wajah Anda akan berminyak karena cuaca yang panas. Kulit muka berminyak sangat mengganggu penampilan Anda, dan membuat Anda harus bolak balik ke kamar mandi untuk touch up makeup. Kalau tidak, Anda akan terkejut melihat bayangan Anda yang penuh kilau di wajah bagaikan kilang minyak.



Kulit yang berminyak akan membuat muka Anda tidak terlihat segar lagi malahan wajah terlihat lebih kusam, selain masalah kulit menjadi terlihat kusam, masalah lain yang diakibatkan wajah berminyak yaitu komedo dan jerawat. Apabila komedo dan jerawat sudah ada diwajah, wah gawat tuh! penampilanmu juga akan terganggu kan? Umumnya, makeup juga hanya bertahan selama 2 jam saja di pagi hari. Dan pada saat sibuk-sibuknya, Anda malah dibuat khawatir akan penampilan Anda.

Kulit berminyak tentunya menjadi masalah yang sangat mengganggu bagi Anda, selain karena tampilan kulit yang terlihat mengkilap bila terkena cahaya, kulit yang berminyak pun juga sering terlihat kusam dan tidak segar. Apalagi bagi Anda yang diharuskan memakai riasan atau make up pada wajah, kulit yang berminyak membuat riasan tersebut menjadi tidak awet dan mudah luntur.

Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan rajin membersihkan wajah secara teratur, diikuti dengan penggunaan toner khusus yang diperuntukkan untuk wajah berminyak. Hal ini penting, sebab jika salah memilih toner malah hanya akan memperparah kuantitas minyak di wajah Anda, karena pada umumnya toner atau pembersih wajah ini menyebabkan kulit menjadi kering sehingga kurang cocok bagi kulit berminyak. Selain itu, jangan pakai pembersih dengan scrub setiap hari.

Sebaiknya gunakan sebanyak seminggu sekali, dan pilih yang berbahan alami.
Setelah rajin menjaga kebersihan wajah dengan benar, cobalah untuk merawat kulit Anda dengan seledri. Tumbuhan yang identik dengan pelengkap bumbu dapur ini mengandung senyawa L-tryptophan yang berfungsi sebagai anti-oksidan alami, kandungan vitamin A, B1, B2, dan C yang berguna untuk mengurangi kandungan minyak pada wajah, juga senyawa 3n-butilphalida yang dapat mencegah peradangan karena biasanya kulit berminyak pada akhirnya akan menyebabkan timbulnya jerawat.

Baca Juga:  Lutut dan Siku Kasar dan Hitam

Caranya pun sangat mudah. Cukup bersihkan seledri lalu potong hingga menjadi potongan yang kecil dan halus. Setelah itu, rebus potongan seledri dalam air mendidih selama kurang lebih 15 menit. Kemudian, matikan api, lalu dinginkan. Gunakan air rebusan seledri yang telah dingin ini untuk membasuh wajah Anda. Biarkan airnya meresap selama beberapa menit, kemudian bilaslah dengan air bersih. Lakukan secara rutin dan lihatlah perbedaannya.

Untuk kulit berjerawat, sebaiknya Anda harus mulai rajin membersihkan wajah dari debu dan kotoran. Jangan biasakan untuk membiarkan wajah dalam kondisi full make up dalam waktu yang lama, apalagi tidak membersihkan wajah sebelum pergi tidur. Kotoran yang tersembunyi atau tertinggal di pori-pori wajah adalah faktor utama tumbuhnya jerawat pada kulit Anda.

Untuk melakukan pembersihan sisa make up, pertama-tama gunakan facial foam lalu lanjutkan dengan memakai pembersih wajah atau toner agar sisa-sisa kotoran atau make up pada wajah terangkat dengan sempurna.

Setelah wajah bersih, baru gunakan produk khusus yang berguna untuk mengempiskan jerawat. Pilihlah yang berbahan sulfur atau belerang alami, karena kandungannya sangat efektif untuk mengurangi peradangan, dan mengeringkan jerawat.

Selanjutnya untuk menghilangkan bekas-bekas jerawatnya, gunakanlah jeruk nipis setelah membersihkan wajah. Jangan lupa untuk menjaga pola makan dan meminum banyak air putih sebagai cara merawat wajah agar tidak berjerawat kembali.