Tips Mengatasi Stretch Mark

DokterSehat.Com – Stretch mark merupakan guratan – guratan yang terdapat pada kulit. Hal ini disebabkan oleh kulit yang meregang melebihi batas dari elastisitas kulit tersebut. Atau lebih mudahnya begini ketika anda meniup balon hingga mencapai batas elastisitas balon tersebut dan anda mengempeskannya kembali pasti balon tersebut tidak akan kembali seperti semula.

doktersehat-selulit-perut-buncit-sindrom-cushing

Berikut tips mengatasi stretch mark:

• Minum banyak air
Setidaknya minum 8-10 gelas air setiap hari dan Anda akan melihat perubahan pada kulit. Tanda stretch marks perlahan akan pudar.

• Makan makanan diet bernutrisi
Makan seimbang dan diet bernutrisi yang kaya akan asupan vitamin C dan E, zinc, silika, dan nutrisi lainnya untuk perawatan kulit Anda. Vitamin C penting untuk memperbaharui jaringan konektif. Masukkan makanan yang kaya akan vitamin C seperti stroberi, blueberry, bayam, wortel, kacang-kacangan, dan biji-bijian dalam diet Anda.

• Sari lemon
Sari lemon adalah asam alami yang akan membantu memudarkan stretch mark. Usapkan sari lemon di stretch marks dengan gerakan memutar. Biarkan selama 10 menit sebelum dibilas.

• Lembapkan kulit secara rutin
Gunakan pelembap yang membantu kulit tetap elastis. Losion dan krim sangat baik mengatasi stretch mark yang baru muncul, juga stretch mark lama. Krim dengan kandungan retinoic acid paling bagus untuk menghilangkan stretch mark baru. Anda juga boleh mengoleskannya pada kulit ketika berat badan turun.

BACA JUGA : Apa itu Paru Paru Basah ?