Tips Mengatasi Rontok Karena Berhijab

DokterSehat.Com – Rambut adalah salah satu anggota tubuh yang harus ditutupi bagi semua kaum Muslim. Oleh karena itu, banyak wanita yang menggunakan hijab untuk menutupi rambutnya. Akan tetapi sebagian wanita yang menggunakan hijab memiliki keluhan yakni rambut yang rontok. Kerontokan rambut pada wanita berhijab memang sudah merupakan masalah yang lumrah. Karena biasanya rambut wanita berjilbab lebih lembab, sehingga mengakibatkan kerontokan dan meningkatkan resiko terjadinya ketombe. Sebenarnya kerontokan merupakan proses alamiah bagi rambut. Apabila kerontokan rambut berkisar antara 8-0 hingga 100 helai per hari, ini masih dianggap wajar. Tetapi jika melebihi 100 helai rambut per hari, baru dikatakan tidak normal.

doktersehat-mulism-naik-haji-jilbab

Faktor penyebab kerontokan rambut itu beraneka ragam, diantaranya pemakaian berlebihan dari conditioner, pemakaian shampoo yang tidak tepat, terlalu sering dikuncir, atau langsung mengenakan jilbab segera setelah keramas tanpa mengeringkannya dulu. Penggunaan beberapa obat juga dapat menimbulkan kerontokan. Ketegangan atau tekanan jiwa (stres), dan gangguan psikis lainnya juga bisa menjadi sebab terjadinya kerontokan rambut.

Tips Merawat Rambut Yang Berhijab:

  1. Keramas secara teratur minimal 2x sehari
  2. Gunakan shampoo yang sesuai dengan keadaan rambut. Gunakan conditioner untuk menguatkan akar rambut.
  3. Rajin menyisir rambut (3 x dalam sehari). Dengan menyisir rambut sama halnya dengan melakukan pemijitan kulit kepala, yang berarti dapat membantu kelancaran peredaran darah. Sebaiknya, hindari menyisir rambut dalam keadaan basah karena saat keadaan tersebut, akar rambut menjadi sangat rapuh.
  4. Gunakan sisir plastik yang bergigi jarang karena apabila menggunakan sisir dengan gigi yang rapat maka akan meningkatakan resiko kerontokan
  5. Hindari rambut dengan ikatan yang kencang. Hal ini akan mengakibatkan trauma bagi rambut, sehingga makin banyak rambut yang mengalami kerontokan. Gunakan ikat rambut yang berlapis kain untuk mengikat rambut.
  6. Jangan terlalu lama mengikat rambut
  7. Hindari memakai kerudung/hijab saat rambut dalam keadaan basah karena dapat mempertinggi kadar kelembaban rambut yang menyebabkan rambut menjadi rontok.
  8. Pandailah dalam memilih bahan Hijab. Pililah bahan yang dapat menyerap keringat sehingga mengurangi kelembapan pada kulit kepala.
  9. Perhatikan juga bahan dalam hijab, pilihlah yang dapat menyerap keringat pula
  10. Gantilah hijab dan dalemannya setiap hari
  11. Rutinlah melakukan perawatan rambut minimal satu bulan sekali.
Baca Juga:  Sering Berjalan Kaki, Cara Terbaik Membakar Kalori di Kantor