Tips Mengatasi Perut Buncit

DokterSehat.com – Aduh!! Perut terlihat buncit memilih baju pun menjadi susah karena mencari ukuran perut yang pas dan tidak terlihat menggembung. Perut buncit ini dialami oleh banyak orang disebabkan faktor diet yg tidak baik dan gaya hidup. Anda bukan hanya satu-satunya orang yang mengalami masalah ini. Ada beberapa cara untuk mengatasi atau setidaknya mengurangi:



Minum Banyak Air
Minum banyak air akan mengurangi perut buncit dikarenakan membantu tubuh mencairkan konsentrasi sodium dalam tubuh dan meningkatkan jumlah air yang keluar dari tubuh yang membantu mengeluarkan bahan beracun yang masuk ke tubuh kita melalui makanan.

Makan Secara Perlahan
Hindari makan tanpa dikunyah karena udara tertahan dalam usus akan membentuk gas yang dapat mengakibatkan perut buncit. Makanan yang tidak terkunyah sempurna akan menghasilkan banyak gas yang menimbulkan penggelembungan pada usus.

Kurangi Makan Garam
Terlalu banyak garam yang masuk ke tubuh akan menambah zat sodium di dalam cairan tubuh yang memperlambat metabolisme pencernaan sehingga mendorong air keluar dari sel yang berakibatnya perut membuncit.

Pertinggi Konsumsi Serat
Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengimbangi penyimpanan air yang menyebabkan pembuncitan, makanlah serat dalam buah-buahan seperti buah apel dan pear yang selain memiliki banyak serat juga banyak kandungan air.

Awasi Penggunaan Obat yang Berlebihan
Perut yang membuncit adalah salah satu efek samping dari penggunaan obat. Salah satu obat yang mendukung pembuncitan pada perut adalah aspirin dan pil kontrasepsi.

Hindari Sembelit
Yang dimaksudkan sembelit adalah buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu. Untuk mencegah isi perut, tingkatkan konsumsi serat dari buah dan sayuran. Buang air besar akan membantu mengeluarkan gas yang berlebih.

Baca Juga:  Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Makanan Pedas?

Olahraga Teratur
Olahraga teratur akan membantu menggerakkan cairan dalam perut yang membantu mendorong cairan keluar dari jaringan dan masuk ke dalam aliran darah yang pada akhirnya akan dikeluarkan sebagai keringat atau air urine. Salah satu olah raga yang sangat membantu dalam mengurangi perut buncit adalah aerobik.