Tips Mengatasi Nyeri Di Area Miss V Saat Hamil

DokterSehat.Com – Banyak mommy yang mengalami sakit pada area organ intim alias miss-V. Kesakitan ini merupakan gangguan kehamilanyang banyak terjadi ketika kehamilan memasuki bulan kedelapan atau kesembilan di mana kepala bayi mulai memasuki daerah pinggul dan menekan saraf di sekitar Miss-V.

9

Ada beberapa mommy yang menganggap bahwa sakit pada area Miss-V merupakan tanda-tanda kelahiran. Jika terasa sakit, memang dapat diartikan bahwa kelahiran semakin dekat tetapi tidak dapat diketahui dengan pasti kapan bayi akan lahir. Sakit di area Miss-V dapat berlangsung lama. Daerah yang sakit ini meliputi Miss-V dan tulang-tulang di selangkangan.

Tapi sebenarnya, ada banyak hal yang mungkin menyebabkan rasa sakit ini selain kepala bayi yang mulai memasuki daerah pinggul. Aktivitas mommy yang berlebihan dapat menjadi sebab sakit. Pada dasarnya, ketika kehamilan membesar, ligamentum penggantung rahim ke didinding perut semakin tertarik sehingga menimbulkan sakit atau nyeri.

Selain itu, pembesaran rahim juga menekan kantung kemih dan berpotensi menyebabkan urin tertahan lebih lama di dalam kantung kemih. Akibatnya, mommy sering anyang-anyangan dan mengalami nyeri. Saat janin semakin besar, gerakan mereka juga semakin kuat, dan ini seringkali membuat mommy merasakan nyeri.

Cara mengatasi

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa sakit pada area Miss-V pada saat kehamilan. mommy perlu melaksanakan aktivitas yang berimbang. Rasa sakit sering disebabkan oleh aktivitas berlebihan tetapi aktivitas yang terlalu pasif juga dapat menyebabkan rasa sakit di area Miss-V. Keduanya dapat menyebabkan posisi bayi yang tidak tepat.

Mommy perlu mencoba untuk sujud setiap sebelum tidur agar posisi bayi di dalam rahim pas dan terasa nyaman. Mengikuti senam hamil sangat disarankan. Jika tidak, melakukan gerakan ringan juga sangat membantu seperti menekuk kaki 90 derajat ketika tubuh dalam posisi tidur.

Baca Juga:  Gigi Bisa Rusak Selama Proses Kehamilan

Memakai celana ketat dan sepatu hak tinggi juga tidak mengenakkan bagi kehamilan sehingga alangkah lebih baik jika mommy menghindari pemakaian keduanya. Namun, meskipun sakit pada area Miss-V pada saat kehamilan wajar terjadi, ada baiknya mommy periksa ke dokter karena bisa jadi ada penyakit kehamilan tak terduga.