Tips Mengatasi Lingkar Hitam Mata

doktersehat-timun-untuk-mata-panda

DokterSehat.Com– Akhir-akhir ini banyak yang memberi komentar pada lingkar hitam di bawah mata? Atau Anda menyadari bahwa raut wajah jadi tidak fresh dan jadi tampak tua? Bisa jadi karena pengaruh lingkar hitam di bawah mata.

Penyebab lingkar hitam di bawah mata ada banyak, namun mayoritas penyebabnya adalah faktor dari dalam. Misalnya pertambahan usia, gaya hidup tidak sehat, kurang tidur, berkurangnya bantalan lemak di bawah mata dan sebagainya.

Karena faktor dari dalam itulah, biasanya lingkar hitam mata sulit hilang dengan kosmetik yang dioleskan. Tapi tenang saja, dalam acara Oprah Show yang ditayangkan CNN, Dr Nicholas Perricone, MD, seorang dermatologi memberikan beberapa tips mengatasi lingkar mata hitam.

Tips menghilangkan lingkaran hitam/ mata panda dengan bahan alami:

1. Kompres kantong teh celup bekas

Kantong teh celup bekas ternyata mempunyai khasiat untuk menghilangkan mata panda, zat tannin yang terkandung di dalam ampas teh dapat merevitalisasi pembuluh darah, serta mengencangkan kulit. Pembuluh darah yang lancar akan dapat mengurangi pembengkakkan di sekitar mata. Caranya, ambil sepasang kantong teh bekas yang telah direndam di dalam air dingin. Kemudian tempelkan ke area di bawah mata setiap pagi dan menjelang tidur. Lakukan setiap kalinya selama 10 hingga 15 menit.

2. Irisan mentimun

Mentimun atau ketimun dingin bisa dicoba untuk melancarkan peredaran darah, caranya tempelkan irisan ketimun sambil terpejam. Agar lebih segar, terlebih dahulu ketimun tersebut disimpan di lemari es. Biarkan selama selama 10–15 menit.

Sebenarnya, yang memberikan manfaat bukanlah mentimun itu sendiri. Namun dinginnya mentimun yang kebetulan sangat pas ditempel pada bagian matalah yang dapat melancarkan peredaran darah.

3. Bengkuang

Bengkuang sangat kaya dengan vitamin B1 dan C, selain untuk mengatasi lingkar mata hitam, juga bisa dipakai untuk menghilangkan kantong mata. Caranya adalah dengan menempelkan parutan bengkuang secara langsung sebagai masker. Kandungan air dari bengkuang sangat bermanfaat untuk menyegarkan kulit. Lakukan maskeran selama 10 hingga 15 menit setiap hari.

Tidak lupa juga untuk membiasakan diri makan buah-buahan dan sayuran hijau untuk mengatasi problem mata ini, Dan sebaiknya beristirahat dengan cukup. Tidak terlalu singkat, dan jangan pula terlalu lama. Dan saat beraktifitas yang cukup berat, yang mengakibatkan mata menjadi lelah maka beristirahatlah sebentar karena dapat mengakibatkkan mata panda.