Tips Mengatasi Kulit Kering

DokterSehat.Com – Kulit kering adalah salah satu masalah yang sangat tidak diinginkan oleh siapapun, baik pria maupun wanita. Selain bisa memberikan rasa tidak nyaman, kulit kering juga bisa membuat tampilan wajah dan juga kulit bagian tubuh lain menjadi kurang maksimal dan bisa menurunkan rasa percaya diri. Kulit kering biasanya akan diiringi dengan adanya sisik, gatal-gatal, hingga rasa perih. Minyak alami yang biasanya menjaga kelembaban kulit mengalami penurunan produksi sehingga kulit pun menjadi semakin kering. Apakah ada cara untuk mengatasi masalah kulit kering ini dengan efektif?

doktersehat-cuci-muka-jerawat-obat-kumur-mouthwash

Hal pertama yang harus kita lakukan tentu saja adalah memakai pembersih wajah. Jangan sembarangan memakai pembersih wajah mengingat anda harus memakai pembersih khusus yang bisa menjaga kandungan minyak alami atau sebum pada kulit. Pembersih wajah sendiri memiliki fungsi utama sebagai pembersih kotoran atau sel-sel kulit mati yang berada di pori-pori kulit. Sayangnya, jika pembersih wajah ini tidak mampu menjaga kelembaban atau minyak alami kulit, maka kulit pun bisa menjadi lebih kering dan tidak lagi terlihat segar dan bersih. Sabun pembersih yang mampu menjaga kelembaban kulit biasanya akan cenderung lembut untuk dipakai.

Saat membersihkan wajah sendiri, ada baiknya kita berhati-hati dengan air yang kita gunakan. Andai wajah sedang mengalami kulit yang sangat kering, untuk sementara hindarilah air keran yang biasanya kaya akan klorin, flouride, atau bahkan zat-zat kimia lainnya yang bisa menyebabkan kulit menjadi semakin parah. Hingga kulit tidak lagi mengalami masalah kulit kering lagi, cobalah untuk membersihkan wajah dengan air mineral.

Kulit kering biasanya akan berlanjut dengan kulit bersisik dan bahkan terkelupas. Andai hal ini terjadi, cobalah untuk memijat area kulit yang mengelupas dan berilah pelembab kulit yang baik, khususnya sebelum tidur. Selain itu, cobalah untuk lebih sering mengkonsumsi air dengan cukup, yakni delapan gelas per hari yang tentu akan berimbas pada kelembaban kulit. Kebiasaan buruk merokok yang memang terbukti sangat buruk bagi kesehatan kulit juga sebaiknya segera dihentikan untuk membuat kulit kering bisa menjadi lembab dan sehat kembali.