Tips Mengatasi Keringat Berlebih

DokterSehat.Com – seperti yang kita ketahui bahwa Keringat berlebihan sering menimbulkan bau badan yang tidak enak juga dapat menjadi sarana yang baik untuk tumbuh dan berkembangnya jamur, tentu rasa malu akan bertambah jika tubuh anda selain berkeringat juga ditumbuhi jamur alias panu.



Keringat yang berlebih sering menimbulkan masalah, selain menimbulkan bau badan juga menyebabkan perasaan tidak nyaman dan kurang percaya diri. Keringat diproduksi oleh kelenjar keringat atau kelenjar sebacea. Letaknya berada di jaringan bawah kulit. Kelenjar keringat memproduksi cairan keringat dari susunan syaraf otonom, yang bekerja diluar kesadaran manusia (contoh: adanya detak jantung, gerak usus, gerak nafas serta keinginan buang air kecil atau besar).

Ini dia Cara mengurangi keringat berlebih :

  • Perhatikan apa yang anda makan
    Beberapa makanan dapat meningkatkan produksi keringat di tubuh Anda, mungkin Anda menyadari berkeringat lebih dari biasanya setelah mengonsumsi makanan pedas atau panas seperti kari dan sambal.Mengonsumsi makanan pedas membuat tubuh menjadi lebih panas, sehingga kulit mengantisipasinya dengan memproduksi keringat lebih dari biasanya.

    Selain makanan pedas, makanan yang mengandung banyak garam juga dapat membuat keringat lebih banyak diproduksi.

  • Sinar matahari langsung
    Tentu saja, sinar matahari langsung membuat tubuh Anda panas dan berkeringat. Tetapi bukan berarti Anda harus menghindarinya sepanjang hari. Matahari pagi sangat baik untuk kulit. Tetapi, di siang hari, matahari sebaiknya Anda hindari agar keringat berlebih tak diproduksi.
  • Persiapkan diri
    Bawa handuk kecil kemanapun Anda pergi. Saat Anda merasa keringat diproduksi berlebihan, Anda dapat mengeringkannya dengan handuk. Handuk kecil akan sangat membantu di cuaca panas ataupun saat melakukan aktivitas berat.Jangan lupa untuk gunakan deodoran dengan kandungan anti-prespirant. Deodoran akan melindungi Anda dari keringat berlebih dan juga bau badan.
  • Dinginkan diri anda
    Saat Anda merasa akan berkeringat, lakukan tindakan pencegahan dengan menenangkan diri atau mandi. Mencegah keringat berlebih dapat sangat efektif dilakukan.Anda bisa mendengarkan musik santai atau memakan coklat favorit untuk menenangkan diri. Beberapa gerakan yoga juga dapat membantu. Yang terpenting, hindari stres datang pada Anda.