Tips Mengatasi Kekeringan Kulit

DokterSehat.com – Layaknya tanah yang mengalami kekeringan, kulit tubuh yang kering pun pun akan terasa seperti ingin “retak”. Hampir seluruh bagian kulit bisa mengalami kekeringan, namun ada bagian kulit tertentu yang kerap kali mengalami kekeringan hingga terkelupas atau pecah-pecah seperti yang terjadi pada bibir atau tumit. Bila Anda mengalami masalah kulit kering cobalah tips berikut ini:



Tangan Kering

Kekeringan pada kulit tangan juga bisa disebabkan udara yang dingin. Sebaiknya cucilah tangan sesering mungkin agar terhindar dari virus flu serta kekeringan. Gunakanlah pelembab yang mengandung gliserin saat tangan terasa kering atau sebelum dan sesudah tidur.

Kulit wajah kering

Untuk mengatasi kulit wajah yang kering gunakanlah sabun yang memiliki kandungan yang ringan, lembut, dan bebas pewangi. Selain itu, gunakan pula pelembab yang mengandung dimethicone, urea, lanolin, gliserin, dan minyak mineral.

Jika ingin menggunakan cara yang lebih alami, Anda bisa menggunakan buah tomat yang sudah matang dan segar. Oleskan seluruh wajah dengan remasan tomat. Diamkan selama kurang lebih setengah jam kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Tumit retak

Kulit kering juga bisa menyebabkan tumit pecah-pecah. Kondisinya akan lebih sulit bila tumit kapalan. Tumit pecah-pecah bisa mengakibatkan infeksi dan sakit saat berjalan.

Untuk mengatasinya Anda bisa mengoleskan tumit dengan petroleum jelly, bungkus dengan plastik, dan gunakan kaos kai semalaman. Anda akan melihat kondisi tumit yang lebih baik dalam tiga malam.

Bibir pecah-pecah

Saat cuaca dingin, biasanya bibir akan mengering. Akibatnya, bibir menjadi pecah-pecah, perih, dan Anda akan mengalami sedikit gangguan bila ingin berbicara. Untuk mengatasinya Anda bisa mencoba tips berikut ini:

1. Konsumsi lebih banyak air agar tubuh tetap terhidrasi.

Baca Juga:  Penyakit yang Menandai HIV

2. Oleskan bibir dengan petroleum jelly atau beeswax.

3. Oleskan lipstik atau lip balm yang mengandung tabir surya setiap akan pergi ke luar ruangan.

4. Jangan terlalu sering berada di bawah sinar matahari dan banyak angin.

5. Jangan menjilat atau membasahi bibir dengan lidah karena dapat membuat bibir makin memburuk dan pecah-pecah.

Dari berbagai sumber