informasi kesehatan


Tips Mengatasi Hidung Tersumbat

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat

Doktersehat.com – Gejala flu seringkali disertai dengan masalah hidung tersumbat. Walaupun bukan masalah yang serius, namun hidung tersumbat tetap saja mengganggu aktivitas Anda. Untuk mengatasinya tanpa obat, Anda bisa melakukan tips berikut ini:

Mandi air hangat

Uap yang keluar saat mandi air hangat dapat membantu membuka saluran udara. Aturlah napas saat mandi untuk melegakan napas. Alhasil, hidung Anda bisa bernapas dengan leluasa lagi.

Olahraga

Flu terkadang membuat tubuh Anda menjadi lemas. Walaupun demikian, usahakan untuk tetap berolahraga. Lakukan olahraga ringan seperti joging, berjalan, atau kegiatan lain selama 20 menit untuk mengurangi hidung tersumbat.

Minum teh jahe

Saat hidung mulai tersumbat segera minum teh jahe untuk meringankan gejalanya. Minuman ini mengandung banyak antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Aromanya yang khas juga mampu melancarkan napas Anda.

Neti Pot

Neti pot adalah perangkat seperti teko kecil yang digunakan untuk membilas hidung tersumbat dengan campuran garam dan air hangat. Metode ini cukup ampuh untuk meringankan hidung tersumbat.

Sumber: intisari-online.com

pf button both Tips Mengatasi Hidung Tersumbat
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>