Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

DokterSehat.Com – Penanganan bayi baru lahir harus dilakukan dengan hati-hati, terutama jika si kecil sedang mengalami masalah kesehatan. Pilek atau influenza adalah salah satu masalah kesehatan ringan yang apabila terjadi pada bayi baru lahir akan nampak lebih parah. Hidung tersumbat adalah gejala awal yang dapat mengakibatkan si kecil sulit bernafas. Hal ini diperparah dengan kondisi si kecil yang belum mampu mengeluarkan lendir sendiri. Tentu kondisi seperti ini membuat Bunda panik dan bingung jika Bunda belum mengetahui cara penanganan bayi baru lahir yang mengalami hidung tersumbat.



Bila bayi anda flu atau tersumbat hidungnya pada salah satu sisi saja, maka untuk posisi tidur bisa dibuat sedikit miring. Hal ini akan membantu mengurangi efek sulit bernafas saat tidur. Selain tidur dengan posisi yang miring anda dapat memberikan sangga berupa bantal atau apapun di bagian kepala, agar kepalanya berada lebih tinggi dari badannya.

Anda juga bisa memberi pijatan ringan pada dada atau punggung bayi. Sambil dengan sedikit memberi olesan balsam atau minyak kayu putih, tapi pastikan bahwa balsam tersebut aman untuk si bayi. Jika anda menggunakan ac maka hentikan ac tersebut atau atur suhunya agar tidak terlalu dingin.

Langkah lain adalah dengan memberikan uap air panas yang sudah ditetesi minyak telon, hal tersebut bisa membantu mengurangi hidung tersumbat pada bayi anda. Atau mungkin anda bisa memandikannya dengan air yang hangat lalu menjemurnya dibawah sinar matahari pagi. Tapi anda juga harus memperhatikan jangan sampai si kecil menghadap matahari secara langsung, hal itu bisa membuat si kecil bersin bersin. Memberikan pijatan yang ringan dengan minyak telon pada hidungnya dapat mengurangi hidung tersumbat pada bayi.

Baca Juga:  Benarkah Sakit Mata Itu Menular?

Jika bayi anda beringus, maka anda bisa menggunakan penyedot lendir hidung yang khusus untuk bayi. Tapi ingat pastikan membersihakan ujung penyedot lendir hidung tersebut dengan alkohol 70% agar steril. Dalam melakukannya anda harus hati hati dan lembut agar tidak membuat iritasi pada dinding hidung si bayi.

Selain dengan penyedot lender hidung, anda juga bisa memakai lap dan tangan anda. Tapi pastikan lap dan tangan anda bersih dan steril. Untuk lendir yang sudah mengering anda bisa menggunakan air hangat untuk membersihkannya. Atau juga bisa dengan menggunakan obat tetes NaCl atau larutan garam. Caranya pertama larutkan obat tetes NaCl 0,9% (sekitar 20 ml) untuk membuat saluran pernapasan bayi menjadi sedikit lembab. Teteskan sekitar 3 kali sehari. Lender yang sudah cair akan mudah keluar bersamaan dengan ingus, bersin atau saat batuk. Bila tidak ada NaCl, anda bisa memakai seperempat sendok teh garam yang dicampur dengan air hangat. Karena larutan NaCl dapat berguna untuk mencairkan ingus dan menghilangkan sumbatan pada hidung. Caranya adalah dengan memasukkan larutan NaCl tersebut ke botol semprotan hidung. Kemudian teteskan dua atau tiga kali pada kedua lubang hidung si bayi. Karena si bayi belum bisa untuk diminta menghembuskan hidung anda bisa menggunakan sedotan untuk mengeluarkan sumbatan pada hidung si bayi.