Tips Mengatasi Buang Air Kecil Terasa Perih Pada Wanita

DokterSehat.Com – Untuk anda kaum wanita yang mengalami perih saat berkemih jangan anggap sepele hal tersebut sebaiknya di periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab nyeri saat berkemih. Pada wanita muda perih saat buang air kecil sering di sebabkan oleh infeksi saluran kencing.

9287211906_eedf2afe7f_k

Infeksi saluran kencing disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang menurun sehingga bakteri dari alat kelamin ataupun dubur masuk ke dalam saluran kemih. Bakteri tersebut antara lain Escherichia Coli, Klebsiella dan Pseudomonas. Yang paling sering menyebabkan infeksi saluran kemih adalah kurangnya menjaga kebersihan dan kesehatan daerah kemaluan.

Penyakit infeksi saluran kencing ini lebih sering terjadi pada wanita karena saluran kencing pada wanita sangat pendek sehingga memudahkan masuknya bakteri. Namun semua itu bisa dicegah dengan pola hidup yang sehat.

Pengobatan

Jika Anda menderita infeksi saluran kemih (ISK), segeralah temui dokter agar pengobatan dengan antibiotik dapat secepatnya dilakukan. Beberapa jenis antibiotik yang biasanya disarankan dokter adalah ciprofloxacin, levofloxacin, amoxicillin, nitrofurantoin, dan trimethoprim. Selama infeksi tergolong ringan dan Anda tidak berisiko tinggi untuk mengalami komplikasi, perawatan di rumah sakit tidak diperlukan.

Selain antibiotik, obat pereda rasa sakit seperti parasetamol juga kadang-kadang diperlukan untuk menghilangkan rasa nyeri yang disebabkan ISK. Namun, jika Anda menderita ISK atas, hindari obat pereda nyeri anti inflamasi non-steroid atau OAINS, seperti ibuprofen. Dikhawatirkan obat ini dapat menyebabkan masalah pada ginjal.

Selain dengan menggunakan obat-obatan dari dokter, penyembuhan ISK akan makin cepat berhasil jika ditunjang dengan langkah-langkah yang bisa Anda lakukan di rumah, di antaranya :

• Jangan tahan keinginan Anda untuk kencing karena dengan mengosongkan kandung kemih, Anda dapat mencegah bakteri untuk makin berkembang biak.

Baca Juga:  Apa Penyebab Mr.P Pria Susah Bangun Di Usia Muda?

• Minum banyak air.

• Redakan nyeri dengan kompresan air panas.

ISK yang tergolong ringan biasanya akan sembuh beberapa hari setelah pengobatan dimulai. Namun jika ISK tergolong parah, terutama hingga menimbulkan komplikasi, penderita perlu dirujuk ke rumah sakit.

BACA JUGA : Sakitkah Dengan Metode Akupuntur Tanam Benang