Tips Mengatasi Anak Muntah Saat Minum Obat

Doktersehat.com – Saat sakit anak-anak biasanya sangat sulit untuk minum obat. Bahkan sering kali anak langsung muntah setelah diberi obat. Alhasil, obat yang susah payah dimasukan ke mulut anak pun terbuang sia-sia.



Menurut dokter spesialis anak, Dr. Dr. Rini Sekartini, ada beberapa penyebab anak muntah ketika diberi obat. Rasa obat yang pahit atau obat yang sangat kental bisa membuat anak kesulitan menelan obat.

Jika anak langsung muntah setelah diberi obat maka obat harus diberikan kembali setelah 15 menit. Sementara dosis obat yang diberikan harus sama dengan dosis obat sebelumnya.

Tapi, bila anak muntah dalam jangka waktu 30 menit setelah obat diberikan, maka pemberian obat tidak perlu diulangi.

Waktu Pemberian Obat

Tiap obat memiliki aturan pemberian yang berbeda-beda. Pemberian obat sangat tergantung dari jenis obat dan daya serap obat tersebut.

Ada obat yang penyerapannya akan lebih baik bila dikonsumsi dalam kondisi perut kosong. Sementara itu ada pula obat yang tidak pengaruh dengan ada tidaknya makanan dalam perut. Tapi, beberapa obat seperti obat demam sebaiknya dikonsumsi setelah makan karena bisa menyebabkan sakit lambung.

Cara Mencegah Anak Muntah

Supaya anak tidak memuntahkan obat yang sudah diberikan sebaiknya berikan obat sedikit demi sedikit, hindari pemberian obat secara sekaligus. Tambahkan air putih pada obat dalam bentuk puyer atau sirup yang kental agar obat lebih encer dan mudah ditelan anak.

Saat memberikan obat perhatikan posisi tubuh anak . Berikan obat saat anak dalam posisi duduk atau kepala lebih tinggi dari badannya.

Walaupun anak susah minum obat, jangan sampai Anda memaksa memasukan obat ke mulutnya terlebih dengan menutup hidungnya. Hal ini malah akan membuat anak tersedak saat obat masuk ke dalam mulutnya.

Baca Juga:  Hati-hati Berlebihan Melarang Anak Bermain Video Game

Sumber: okezone.com