Tips Menekan Kenaikan Berat Badan Setelah Makan Berlebihan

DokterSehat.com – Hidangan saat pesta terkadang membuat nafsu makan Anda menjadi susah dikendalikan. Alhasil, Anda pun tergoda untuk makan banyak. Setelah hasrat makan terpuaskan rasa bersalah pun mulai bergejolak. Makan banyak kemungkinan bisa menyebabkan berat badan mengalami penambahan. Namun, jangan khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa usaha ekstra setelah makan banyak. Berikut ini 5 langkah mencegah kenaikan berat badan setelah makan banyak.



1. Langsung kembali ke pola makan sehat

Setelah makan banyak segeralah kembali ke pola makan sehat. Usahakan untuk kembali makan dalam porsi kecil tapi sering untuk menjaga kestabilan gula darah. Pola makan seperti itujuga bisa memberi cukup energi sehingga mencegah Anda makan berlebih.

2. Makan banyak serat

Serat bisa membantu memperlancar proses pembuangan sehingga sisa-sisa makanan dalam sistem pencernaan tidak menumpuk dalam perut. Usahakan untuk memasukan serat dalam menu makan Anda. Perhatikan pula penyajian makanan agar kandungan seratnya didak berkurang.

3. Minum banyak air

Saat berlebihan mengonsumsi makanan kemungkinan makanan yang masuk ke perut mengandung banyak garam.Untuk menetralkan garam dibutuhkan air yang juga bisa mengeluarkannya dari sistem tubuh.

4. Menyantap makanan “anti-kembung”

Setelah makan banyak, mungkin kita akan merasakan kembung, maka kita perlu makanan yang dapat menetralkannya. Ketimun, seledri, melon, dan asparagus merupakan diuretik rendah kalori yang membantu mengurangi kembung.

5. Olahraga

Kalori yang berlebihan saat Anda menyantap makanan bisa dikurangi dengan olahraga. Untuk mengurangi sekitar setengah kilogram, kita butuh membakar 3.500 kalori lebih banyak daripada yang sudah dikonsumsi. Olahraga bisa mempercepat metabolisme sehingga bisa membantu kita dalam membakar lebih banyak kalori daripada tidak. Maka sehabis makan banyak, kita perlu menambah porsi latihan kita lebih dari biasanya.

Baca Juga:  Solusi Bugar yang Bikin Payudara Tampak Lebih Besar