informasi kesehatan


Tips Mencerdaskan Otak Anak

Tips Mencerdaskan Otak Anak

Doktersehat.com – Memiliki anak yang cerdas pastilah menjadi keinginan tiap orang tua. Untuk membentuk kecerdasan otak anak sejak dini sebaiknya perhatikan beberapa faktor ini:

1. Makanan

Nutrisi dari makanan sangat mempengaruhi perkembangan otak anak. Berikan anak ASI eksklusif sampai usia 2 tahun, dan pastikan anak mengonsumsi makanan bergizi seperti ikan, ayam, telur, buah, dan sayuran. Selain itu, cukupi asupan vitamin, protein, mineral, dan lemak sehat seperti asam lemak omega-3.

2. Tidur

Sejak lahir anak harus memiliki waktu tidur yang konsisten tiap harinya. Sebab, anak perlu waktu istirahat dan tidur malam yang baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang otak anak.

3. Trauma

Trauma pada anak dapat berdampak buruk terhadap perkembangan otaknya. Ada berbagai macam trauma yang biasa dialami anak, diantaranya yang diakibatkan oleh bencana alam, mengalami, penyakit kronis, kemiskinan, kehilangan anggota keluarga, pelecehan seksual, atau memiliki orang tua pecandu alkohol atau narkoba.

Trauma yang dialami anak bisa mengakibatkan anak mengalami perubahan perilaku, pola makan, tidur, dan sulit bergaul dengan teman-temannya.

4. Kegiatan fisik

Kondisi fisik yang kuat dapat memicu perkembangan otak anak. Oleh karena itu, jangan berikan olahraga yang dapat memberatkan anak. Biarkan mereka bermain bersama teman-temannya.

5. Ikatan orang tua

Keluarga yang harmonis dapat membuat anak lebih percaya diri dan nyaman sehingga otak anak pun dapat tumbuh dengan sehat. Berbeda bila anak berada dalam lingkungan yang kurang harmonis, anak akan merasa takut dan tidak aman.

6. Kesempatan belajar

Belajar sejak dini dapat menstimulasi perkembangan otak. Latihlah anak belajar tentang angka dan huruf. Kenalkan pula anak dengan berbagai alat musik atau perlengkapan seni yang dapat memicu perkembangan otaknya.

Sumber: detik.com

pf button both Tips Mencerdaskan Otak Anak
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>