Tips Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini

DokterSehat.Com – Gaya hidup merupakan salah satu cara mencegah kanker payudara yang paling mujarab bahkan bagi anda yang memiliki risiko tinggi terkena jenis kanker ini. Di antaranya adalah mencegah anak obesitas dan mengajarkan anak pola hidup sehat sejak usia 7 tahun.



Upaya preventif atau pencegahan untuk mengendalikan kadar estradiol dan usia menstruasi (menarche) dini dapat dilakukan pada anak kurang dari 10 tahun dengan beberapa skema, seperti mengenalkan pola hidup sehat dan aktivitas fisik sejak usia dini. Ibunya harus bisa mengedukasi pola makan dan aktivitas fisik. Begitu juga di sekolah, perlu ada edukasi untuk memberi tahu faktor risiko kanker.

Selain itu, orang tua juga juga dianjurkan memperhatikan angka kecukupan gizi (AKG) atau karbohidrat (50-60 persen), protein (15 persen), lemak kurang dari 25 persen, dan serat 30 gram.

Kemudian pertahankan berat badan sehat sesuai usia serta aktivitas fisik sedang seperti jalan kaki, naik sepeda, senam aerobik, berenang, berkebun, bermain dengan hewan peliharaan ataupun melakukan pekerjaan rumah tangga seperti membersihkan kamar. Lakukan minimal tiga kali masing-masing 30 menit per minggu.

BACA JUGA : Es Krim dan Susu Mengurangi Kesuburan Wanita