Tips Mencegah Tekanan Darah Tinggi

DokterSehat.Com – Darah tinggi kerap kali dihubungkan dengan masalah penyakit jantung. Tekanan darah yang sangat tinggi tentu bisa mempengaruhi normal tidaknya aliran darah dari dan ke jantung sehingga kedua penyakit ini pun dianggap berkaitan. Disamping beresiko menyebabkan beberapa penyakit, terdapat beberapa fakta yang sangat unik tentang masalah darah tinggi seperti sebagai berikut.

doktersehat-konsultasi-dokter

Banyak orang yang telah mengidap masalah tekanan darah tinggi di dunia ini sehingga kita tak perlu khawatir berlebihan jika mengalaminya. Yang menjadi masalah adalah, tekanan darah tinggi jika dibiarkan begitu saja bisa memicu adanya penyakit jantung yang berbahaya. Tekanan darah tinggi memicu jantung untuk berdetak dengan ritme yang berantakan dan bisa memicu kerusakan pada pembuluh darah dan berbagai organ penting lainnya layaknya ginjal, jantung, dan paru-paru.

Banyak orang yang berpikir jika masalah tekanan darah tinggi adalah penyakit keturunan sehingga jika anda menemukan riwayat keluarga anda memiliki penyakit ini, maka anda juga memiliki resiko lebih besar mendapatkan penyakit berbahaya ini. Hal ini ternyata tidak tepat adanya karena masalah tekanan darah tinggi ternyata lebih sering terjadi karena gaya hidup yang kurang sehat. Jika kita ingin mencegah tekanan darah tinggi, kita bisa mulai menerapkan gaya hidup sehat layaknya berolahraga dengan rutin dan rajin mengkonsumsi makanan bergizi. Penderita darah tinggi juga sebaiknya menghentikan kebiasaan merokok yang sangat tidak sehat bagi saluran pernafasan dan pembuluh darah serta jantung.

Kita bisa memulai trik untuk mencegah tekanan darah tinggi dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang rendah lemak, gula, dan juga garam ternyata bisa membuat tubuh terhindar dari masalah tekanan darah tinggi. Pembatasan konsumsi garam dalam sehari juga bisa menjadi pencegah banyaknya kadar natium di dalam tubuh yang bisa memicu tekanan darah tinggi. Selain itu, cobalah untuk tidak mengkonsumsi minuman beralkohol apapun bentuk dan jenisnya. Kemudian, trik terakhir untuk mencegah tekanan darah tinggi adalah dengan mengendalikan berat badan. Dengan mengurangi berat badan, maka tubuh pun akan bekerja dengan maksimal sehingga pembuluh darah tidak akan terkena masalah tekanan darah tinggi.