Tips Mencegah Sakit Saat Menikmati Libur Panjang

DokterSehat.Com – Salah satu hal yang bisa membuat orang merasa bersemangat adalah melihat adanya kemungkinan menikmati libur panjang di masa depan. Sebagai contoh, dalam beberapa hari ke depan kita akan melihat libur hari raya Nyepi yang disertai dengan adanya kegiatan melihat fenomena gerhana matahari di beberapa tempat di tanah air. Banyak orang yang akhirnya mengambil cuti dan menikmati libur dengan waktu yang jauh lebih panjang. Meskipun terlihat menyenangkan, kadang kala libur panjang juga bisa menjadi hal yang kurang menyenangkan. Apalagi jika menjelang atau saat libur panjang kita justru jatuh sakit. Berikut adalah cara-cara agar kita tidak mudah sakit saat libur panjang tiba.

doktersehat-menyetir-mobil

Libur panjang tentu harus disikapi dengan semangat positif atau rasa bahagia. Sayangnya, masih banyak orang yang menghabiskan waktu liburan panjang dengan memikirkan banyak pekerjaan atau bahkan masih berikirim pesan atau menelepon klien dan teman kerja untuk menyelesaikan pekerjaannya. Selain itu, terlalu banyak hal-hal lain yang membuat sedih juga terbawa saat liburan panjang yang justru akan membuat rasa tidak nyaman. Pakar psikologi menyebutkan bahwa liburan panjang haruslah dinikmati dengan semangat positif dan rasa senang sehingga hormon-hormon dalam tubuh juga ikut membuat tubuh menjadi tetap sehat selama liburan.

Liburan bukan berarti kita bisa makan dan minum apa saja tanpa perhitungan. Banyak orang yang mengubah pola makannya untuk benar-benar menikmati liburan dan berakhir dengan perut yang kekenyangan dan penuh dengan makanan tidak sehat. Cobalah untuk lebih selektif memilih makanan apa saja yang sekiranya ingin dimakan dan cobalah hindari beberapa bahan makanan yang kurang sehat layaknya makanan daging olahan, makanan yang terlalu manis, dan tentu saja minuman beralkohol.

Baca Juga:  Penyakit yang Sering Ditemui Pada Musim Pancaroba

Liburan panjang juga bukan berarti kita bisa mengurangi waktu tidur dengan ekstrim. Meskipun banyak aktifitas malam yang bisa kita lakukan di tempat liburan, bukan berarti kita harus begadang semalaman bukan? Cobalah untuk tetap mendapatkan waktu tidur yang cukup agar badan tetap fit selama liburan. Selain itu, cobalah untuk berhati-hati dalam melangkah dan aktifitas lain yang bisa memicu cedera ringan. Sebagai contoh, jika kita teledor dalam berjalan dan berakhir dengan kaki yang terkilir, maka kita pun akan tidak bisa lagi menikmati liburan kita.