Tips Mencegah Rambut Beruban Pada Remaja

DokterSehat.Com – Rambut beruban ternyata bukan permasalahan rambut yang terjadi pada orang berumur saja, namun ternyata remaja juga memiliki permasalahan rambut seperti ini. Rambut beruban biasanya disebabkan karena stres, pola makan tidak baik, kurang memperhatikan kesehatan rambut, dan faktor umur. Selain itu, ada juga makanan dan minuman yang bisa memicu tumbuhnya uban.

5

Namun, permasalahan ini cukup membuat gelisah para remaja khususnya perempuan. Biasanya remaja perempuan yang rambutnya beruban akan menjadi tidak percaya diri ketika berpenampilan. Apabila Anda termasuk remaja perempuan yang memiliki rambut beruban, ada baiknya untuk menyimak 5 tips berikut ini :

  • Konsumsi makanan bertembaga
    Ada kalanya kurangnya tembaga dapat menyebabkan rambut beruban. Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung tembaga seperti bayam, daging, nanas, dan delima.
  • Kurangi makanan penyebab rambut kering
    Makanan pedas, mengandung kafein, alkohol, dan asam dapat dengan mudah menjadikan kulit kepala Anda menjadi kering. Ada baiknya Anda mengurangi mengkonsumsi jenia makanan tersebut untuk mencegah tumbuhnya rambut beruban.
  • Jangan merokok
    Bagaimanapun juga merokok bukanlah hal yang sehat dan berguna bagi tubuh. Bahkan banyak anggota tubuh yang akan terserang penyakit jika Anda rutin melakukannya. Tak hanya bagi tubuh, rambut pun juga dapat mengalami kerusakan akibat rokok, seperti tumbuhnya pemutihan atau beruban.
  • Jangan stres
    Banyak hal yang akan terjadi saat Anda stres, salah satunya adalah kemungkinan penuaan dini pada rambut Anda. Sebaiknya, cegah stres berlebih dengan olahraga teratur dan mengkonsumsi makanan yang kaya protein. Bisa juga melakukan kegiatan yang menyenangkan yang dapat mengistirahatkan pikiran Anda.
  • Konsumsi vitamin B12
    Terdapat pada telur, kepiting, salmon, ikan dan hati, vitamin B12 dapat menangkal tumbuhnya uban lebih cepat.
Baca Juga:  Kesalahan Fatal Dalam Program Diet yang Membuat Anda Gagal