Tips Mencegah Infeksi Vagina

DokterSehat.com – Tingkat kelembaban miss V yang berlebihan dapat memicu gangguan kesehatan pada vagina. Untuk mencegah hal buruk dialami daerah intim Anda sebaiknya lakukan pencegahan sejak dini. Berikut ini tips menjaga vagina Anda:

9

Gunakan ramuan herbal

Vagina kerap terasa gatal dan seperti terbakar. Untuk mengatasinya Anda bisa membuat teh rosemary lalu oleskan ke daerah eksternal vagina.

Pakai pengaman saat bercinta

Jika pasangan Anda terinfeksi jamur atau dalam masa penyembuhan sebaiknya menggunakan pengaman saat berhubungan intim. Gunakan pengaman seksual ini meski Anda sedang menggunakan kontrasepsi lain seperti IUD atau pil KB. Alat ini digunakan sebagai upaya pencegahan penularan infeksi.

Wanita yang mengonsumsi pil KB berisiko lebih besar mengalami peningkatan infeksi jamur. Beberapa penelitian menunjukkan  bahwa kontrasepsi oral mampu meningkatkan glikogen dalam vagina, dimana daerah ini terdapat lebih banyak makanan untuk reproduksi jamur.

Hindari douching secara rutin

Sering melakukan douching vagina bukanlah kebiasaan yang sehat. Jika dilakukan keseringan justru berisiko terkena infeksi jamur dan pH vagina jadi tidak seimbang. Douching tidak perlu dilakukan secara rutin karena vagina bisa membersihkan sendiri.